PMTI Siap Sinergi, Majukan Ekonomi dan Pariwisata Tana Luwu

  • Bagikan
KETUM PMTI, Mayjen TNI (purn) Yulius Selvanus Lumbaa bersama Ketua PMTI Lutra, Ir Martina Simon, Sekda Lutra Armiadi, Dewi Sartika Pasande, Ketua PMTI Sulsel di Masamba usai pelantikan Ketua dan Pengurus PMTI Lutra Periode 2022-2027, Sabtu 27 Agustus 2022. (foto lain). David Somalinggi foto bersama Ketua Umum PMTI, Ketua PMTI Sulsel, dan Wali Kota Palopo usai dilantik di SCC, Sabtu malam 27 Agustus 2022. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Dilantik, Pengurus Daerah PMTI Lutra dan Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA -- Pengurus Daerah Persatuan Masyarakat Toraja Indonesia (PD-PMTI) Kabupaten Luwu Utara dan Kota Palopo siap bersinergi dengan pemerintah daerah di semua sektor. Utamanya memajukan ekonomi dan pariwisata.

Ketua Umum Pengurus Pusat PMTI, Mayjen (Purn) Yulius Selvanus Lumba, mengatakan, kehadiran PMTI Luwu Utara dan Kota Palopo akan membawa pengaruh bagi kemajuan di Tana Luwu ke depan.
“Saya harap program prioritas PMTI nanti bisa disinergikan dengan Pemda Luwu Utara,” kata Yulius dalam sambutannya saat menghadiri Pelantikan PD-PMTI Luwu Utara periode 2022 - 2027, Sabtu (27/8/2022), di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara.

Ia mengatakan, PD-PMTI Luwu Utara tidak hanya mengurus asyarakat Toraja yang ada di Luwu Utara saja, tetapi semua masyarakat Tana Luwu akan menjadi prioritas. “Pengurus Daerah PMTI Luwu Utara tidak hanya mengurus masyarakat Toraja saja, tetapi semua masyarakat dalam rangka untuk membantu Pemda Luwu Utara,” jelas Yulius.

Kesiapan PMTI untuk bersinergi dengan Pemda Luwu Utara dilandasi oleh sebuah pepatah lawas yang berbunyi, “Di mana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung”.
“Bersatupadulah kalian, bantu Pemda Luwu Utara untuk memajukan ekonomi, pariwisata, dan sektor lainnya. Jadikan Luwu Utara sebagai prioritas program-program PMTI,” imbuhnya.

Untuk itu, Asisten Khusus Menteri Pertahanan Bidang Siber ini meminta seluruh pengurus dan anggota PMTI Luwu Utara untuk senantiasa menjaga kekompakan, serta membangun kerjasama yang lebih baik antarpengurus PMTI.

“Selamat bertugas bagi pengurus yang terpilih. Saya sangat terharu karena akhirnya pengurus PMTI bisa dilantik hari ini. Jangan cengeng, jangan mengeluh, tetap kompak, karena kalau kita kompak, semuanya pasti akan terasa ringan,” ucap dia.

“Perjuangan yang panjang ini jangan disia-siakan, tetap solid, loyal, dan saling menghargai satu sama lain. Sekali lagi, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara melalui Sekretaris Daerah, Armiadi, mengatakan bahwa Pemda Luwu Utara siap bersinergi dengan siapa pun demi kemajuan Luwu Utara.

“Program PMTI nantinya bisa disinergikan dengan program Pemda Luwu Utara, khususnya yang terkait dengan peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat agar kita bisa terus berbuat untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujar Armiadi.

Armiadi mengatakan, paguyuban seperti PMTI ini menjadi sangat penting sebagai wadah silaturahmi dan sebagai wahana untuk memupuk persatuan dan kesatuan di antarsesama pengurus, anggota dan masyarakat Luwu Utara umumnya.

Mantan Kadis Pertanian ini yakin, PMTI dapat menjadi wadah persatuan, kebersamaan dan kekeluargaan bagi internal masyarakat Toraja yang tersebar di 15 kecamatan dan 176 desa/kelurahan di Kabupaten Luwu Utara.

“Kami harap PMTI untuk senantiasa beradaptasi dengan situasi dan kondisi lingkungan di mana kita berada, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” jelasnya.

“Selamat bekerja menghimpun masyarakat Toraja yang ada di Luwu Utara untuk mewujudkan program kerja membangun Toraja dan Luwu Utara secara holistic, sehingga dapat berkontribusi bagi Pemda Luwu Utara,” pungkasnya.

Diketahui, Pengurus PD-PMTI Luwu Utara Periode 2022 – 2027 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Pengurus Wilayah PMTI Provinsi Sulawesi Selatan, Hendry Batara. Ada pun Ketua PD-PMTI Luwu Utara yang terpilih adalah Marthina Simon.

Acara pengukuhan dan pelantikan PD-PMTI Luwu Utara berlangsung meriah. Beberapa pejabat, tokoh masyarakat dan tokoh agama hadir memeriahkan kegiatan tersebut.

Turut hadir selain Ketua Umum Mayor Jenderal TNI (purn) Yulius Silvanus Lumbaa dengan Ibu, Drs Adrian Rumengan (Bidang Pariwisata ), Ir Garo Rantetoding (Wakil Ketua II), Ir Dewi Sartika Pasande, M. SC (Menlu Keluarga Toraja Asia dan Eropa), Saltima Ri' Pi Tanjong, S. Kom. M. H.( Koordinator bidang UKM), Ketua PW PMTI Kalimantan Tengah (Ir. Irbar Pairing Seno Bua, MT), ketua PMTI Batam Yohanis Sampe Kendek, Ketua Pengurus PMTI Wilayah Sulsel Kolonel Inf Henry Batara, Ketua dewan penasehat Komisaris Besar Darma Lelepadang, Sekertaris Aris Pongpalilu, Brigjend (Purn) Suharto Lebang, Mayjend (Purn) Dr Marga Taufiq SH MH (penasehat PMTI Pusat).

Nampak juga hadir Porkopimda Luwu Utara, Ketua pengadilan agama Amirullah Aryad, mewakili Bupati Luwu Utara Sekda Ir H Armiadi, Tomakaka Masamba, Tomakaka Seko, Tomakaka Rongkong (Makole Mawainia Rampu,'u,) Andi Suriadi Opu Topassolongi, Pangngulu Kada Sang Tandung Abdul Latif Dg Matande, Sunandar Hasyim ST (Wakil Sekretaris DPD Hanura Sulsel), Wakil Ketua DPRD Awal, Ketua Parisade Hindu Darma Indonesia Agus Tirtayasa, Direktur Hotel Elegan Triono, H. Andi. Muh. Bintang Aras (Mincara Burau).

PMTI Kota Palopo
Sementara itu di pelantikan Pengurus Daerah PMTI Kota Palopo, Ketua Pengurus Wilayah PMTI Sulawesi Selatan, Kolonel Inf. Henry Batara, mengajak kepada pengurus yang telah dilantik untuk bisa mepersatukan masyarakat Toraja dari berbagai organisasi. Sehingga PMTI ini bisa lebih bersinergi dan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Palopo khususnya.

Lanjutnya lagi bahwa di Kota Palopo ini ada sekitar 40% masyarakat toraja dan bersyukur kita merupakan bagian dari masyarakat Kota Palopo.

"Saya yakin dengan semangat kebersamaan saling mendukung di kepemimpinan bapak David Somalinggi ini dapat melaksanakan sepuluh program PMTI Pusat yang salah satunya penguatan organisasi,"jelas perwira tiga bunga mawar ini.

Walikota Palopo H.M Judas Amir, MH mengatakan bahwa semoga dengan kehadiran PMTI di kota Palopo dapat dirasakan implementasinya di tengah masyarakat.

Ketua PMTI Pusat Mayor Jenderal TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa, mengapresiasi keberadaan Pengurus PMTI di daerah yang sudah terbentuk, dan menyampaikan selamat kepada Pengurus Daerah PMTI di kota Palopo yang sudah dilantik.

"Selamat kepada Pak David dan kawan-kawan, selamat bekerja. Semoga pesan Bapak Walikota tadi, Misa Kada Dipotua Pantan Kada Dipomate, itu betul-betul dipegang teguh agar tidak terjadi perpecahan,"ujar Ketua PMTI Pusat.

Lanjutnya lagi bahwa agar pengurus yang terpilih tetap menunjukkan tanggung jawab dan semangat untuk Sang torayaan baik secara perorangan dengan tanggung jawab masing-masing maupun secara organisasi.

"Tunjukkan bahwa orang toraja itu disiplin, bertanggung jawab, semangat, penuh kreatif dan loyal kepada pimpinan. Selalu ingat dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,"pesan Yulius Selvanus Lumbaa.

Sementara ketua PD PMTI Kota Palopo, David Somalinggi, ST yang baru saja dilantik menyampaikan terima kasih atas kepercayaan memimpin PD PMTI Kota Palopo. "Dengan semangat sangtorayan PMTI Kota Palopo dapat membentuk program yang bersinergi dengan pemerintah dalam menumbuhkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat dan kontribusi dalam pembangunan nasional,"ungkap David Somalinggi. (man/idr)

  • Bagikan