Triono: Konsepnya Indah Buat Palopo

  • Bagikan
Irbar Pairing, bakal calon wali kota Palopo (passapu baju putih) saat jalan kaki bersama Triono Kusnan (pakai jas ala Partai Demokrat), beberapa waktu lalu.FT/ary-palopopos
  • Tokoh Politik Lutra Dukung Toleransi Holistik yang Digaungkan Irbar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Konsep toleransi yang digaungkan Ir Irbar Pairing Senobua, MT makin populer. Sudah menggema ke mana-mana. Tak hanya masyarakat di Kota Palopo, tapi konsep bakal calon wali kota Palopo 2024 mendapat perhatian dan apresiasi dari sejumlah tokoh partai politik dan pengusaha. Salah satunya dari Triono Kusnan, ketua Partai Demokrat Luwu Utara.

Ia memang sudah mendengar langsung uraian konsep toleransi holistik. Disampaikan langsung sang pencetus ide. Diuraikan ketika sang Bakal Calon Wali Kota Palopo Ir Irbar Pairing Senobua, MT ketika mendampingi Ketum PMTI Mayjend TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa dan rombongan di Hotel Elegan, beberapa waktu lalu.

Irbar ketika itu menghadiri acara pelantikan PD PMTI Luwu Utara Marthina Simon. Sebelum ke tempat pelantikan, rombongan PMTI transit di Hotel Elegan yang memang tampak asri nan indah. Apalagi, tempat duduk santai sang jenderal dikelilingi kolam. Di dalamnya banyak ikan yang berenang.
Irbar bersama istri lebih duluan ke Masamba mempersiapkan tempat transit ketum PMTI dan rombongan. Irbar yang memang memiliki kedekatan emosional dengan Triono memilih Hotel Elegan.

Di sela-sela penantian rombongan ketum PMTI, Irbar dan Triono menyempatkan diri berdiskusi soal toleransi holistik. Dari situ juga diketahui kalau Triono adalah ketua Partai Demokrat Luwu Utara.
Dalam perbincangan kedua sahabat lama terungkap nama Irbar meramaikan wacana pilwalkot Palopo tahun 2024. Ia maju dengan ide dan gagasan yang dikenal toleransi holistik.

Toleransi holistik selama ini sering digunakan dalam keberagaman kepercayaan, etnis, dan ras. Toleransi di bidang ini sudah menjadi harga mati. Sudah dijamin konstitusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Irbar dengan konsep toleransinya mencoba melihat jauh ke depan. Menelisik lebih dalam lagi.

Toleransi holistik ini dibawa ke dalam berbagai sektor. Toleransi di lingkungan pemerintahan yang mencakup penyelenggara pemerintahan, baik pemerintahan tingkat I, II, dan pusat. Kemudian bagaimana kebijakan-kebijakan. Kemudian bagaimana pembangunan, pemerataan perekonomian, dan yang lainnya.

''Saya sudah dengar uraian Pak Irbar,'' ujar Triono Kusnan, kepada Palopo Pos, Rabu 7 September 2022. ''Konsepnya yang indah,'' tambahnya.
Menurut Triono, dengan konsep toleransi holistik yang digaungkan Irbar Pairing sangat cocok untuk Kota Palopo. Kota Palopo, sebutnya, dikenal sebagai Indonesia mini. ''Palopo adalah kota yang majemuk, semua akan merasakan dampak dari toleransi holistik,'' tandasnya mendukung. ''Semua akan damai di dalamnya,'' lanjutnya.

Triono Kusnan adalah ketua Partai Demokrat Luwu Utara. Ia juga seangkatan dengan Irbar Pairing Senobua di SMAN 158 Palopo (sekarang SMAN 1 Palopo, red). Selain aktif di partai politik, Triono juga adalah owner dari Hotel Elegan dan Hotel Air Port. Kedua hotel ini berlokasi di Masamba, Kabupaten Luwu Utara. (ary)

  • Bagikan