Gawat,..! Rumah Warga di Lingkungan Lelong Sudah Berhadapan Sungai Besar

  • Bagikan

TAMPAK rumah warga di Lelong, Kelurahan Jaya berhadapan dengan sungai besar.

Gawat,..! Rumah Warga di Lingkungan Lelong Sudah Berhadapan Sungai Besar

PALOPO --- Miris dan memprihatinkan. Ini pas menggambarkan rumah-rumah warga di Lingkungan Lelong, Kelurahan Jaya, Kecamatan Telluwanua. Rumah warga sudah berhadapan dengan sungai Salubattang. Sungai ini tergolong besar yang melintasi jembatan miring. Dan merupakan tapal batas dengan Walmas- Luwu bagian Utara.

Tak hanya rumah warga, sawah, instalasi pipa PAM TM, dan infrastruktrul jalan aspal. Sebagian pipa PAM TM sudah tersapu banjir semalam.

Kini, jarak rumah dan aspal tinggal 3 meter dari badan sungai. Yang dulunya jarak sungai kurang lebih 500 meter. Namun, akibat pengerukan sungai mulai mengarah ke permukiman warga, sawah dan area perkebunan.

"Kami tidak tahu lagi mau mengadu. Padahal, kondisi ini sudah lama disuarakan baik dalam reses dewan kota dan instansi terkait pemerintah kota Palopo," ujar Haeruddin Rumae, ketua RW Lelong, kepada Palopo Pos.

Kondisi ini hanya sebatas ditinjau dari instansi terkait. Pemerintah kota Palopo melalui dinas PUPR sudah pernah meninjau. Kemudian anggota DPRD Kota Palopo, provinsi, dan lainnya.

"Mungkin nanti semuanya tersapu banjir, baru pemerintah kota turun tangan. Peduli. Padahal, sudah lama disuarakan," ucap warga Lelong.(ary)

  • Bagikan