Lomba Manching di Uluwai dan Pameran Senjata Sniper Semarakkan HUT TNI ke-77

  • Bagikan

Peserta lomba manching ‘Dulang Fishing Tournament #2’ berfoto bersama Komandan Kodim 1414 Tana Toraja dan panitia di Lembang (Desa) Uluwai, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Sabtu (8/10/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Dalam rangka perayaan HUT ke 77 TNI dengan tema ‘TNI Adalah Kita’ maka Kodim 1414 Tana Toraja mengelar kegiatan dan beragam lomba.

Salah satunya yakni lomba manching ‘Dulang Fishing Tournament #2’ di Lembang (Desa) Uluwai, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/10/2022).

Kabupaten Tana Toraja dengan keindahan alam dan budaya, termasuk wilayah Lembang Uluwai maka Kodim 1414 dan pemerintah setempat bekerjasama mengelar event tersebut.

Selain lomba manching, juga ada pameran persenjataan dari Batalyon Infanteri 721/Makkasau Pinrang di lokasi pemancingan dengan memamerkan senjata Sniper atau penembak runduk kaliber 12,7mm dengan berat senjata mencapai 16 kg.

Selain itu daya tembak efektif 2000 m, sehingga LSPR tersebut salah satu kebanggaan Indonesia karena asli buatan PT Pindad.

Dulang Fishing Tournament #2’ mempebutkan total hadiah Rp. 30 juta, merupakan kegiatan kedua kalinya digelar ditempat yang sama setelah pada bulan November 2021 lalu digelar pula lomba manching dalam rangka HUT Korps Marinir TNI AL.

“Kegiatan seperti ini merupakan bukti nyata sinergi antara TNI dan rakyat, suksesnya kegiatan berkat dukungan penuh masyarakat di Lembang Uluwai,” ujar Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Monfi Ade Candra, Minggu (9/10/2022).

Lanjutnya, baik itu mulai dari persiapan lokasi hingga hari pelaksanaan dan terlihat masyarakatnya borbondong-bondong mengambil bagian dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Sekaligus kami hadir untuk memperkenalkan potensi yang ada di Uluwai sehingga diharapakan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata dan ketahanan pangan budidaya Ikan mas,” ungkap Monfi.

Selaku Kepala Lembang Uluwai, Y. Parassa Paembonan berharap sinergi dan kerjasama antara TNI dan pemerintah Lembang Uluwai agar semakin kuat dan semakin sering digelar.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Komandan Kodim 1414 Tana Toraja dan seluruh prajurit, pemerintah lembang hingga masyarakat Uluwai telah mendukung penuh sehingga kegiatan ini berjalan sukses sesuai harapan bersama,” ujar Ketua Panitia, Basrul Haq.

Basrul berharap kedepan semoga kerjasama TNI dan masyarakat semakin kuat dan semakin sering dilaksanakan.

Salah satu peserta lomba asal tim GMM Mamasa-Sulawesi Barat bernama Tyson berhasil juara umum dan membawa pulang uang tunai sebesar Rp. 10 juta setelah berhasil menangkap ikan seberat 1,8 kilogram. (risna)

  • Bagikan