Talut Penyangga Jembatan Sungai Pikung di Rampoang Ambruk, Poros Trans Sulawesi Terancam Putus

  • Bagikan

Nampak kondisi bagian bawah jembatan Sungai Pikung. --riawan-

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Kondisi jembatan Sungai Pikung yang menghubungkan Poros Sulawesi saat ini sangat memprihatikan, setelah dihantam banjir beberapakali pekan lalu, talut penyanggah jembatan ambruk, Jumat, 14 Oktober 2022 malam.

Berdasarkan pantauan di lokasi malam ini sekira pukul 22:50 Wita, kondisi jembatan sisi selatan nampak menggantung setelah talut penyangga jembatan ambruk kurang lebih 10 Meter.

Berdasarkan keterangan dari Mahmuddin, warga setempat yang dijumpai di lokasi, ia menyebutkan ambruknya talut penyangga jembatan Sungai Pikung penghubung Jl. Trans Sulawesi di Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara, Palopo ini, itu terjadi sejak tujuh hari lalu saat hujan deras dan mengakibatkan banjir dibeberapa titik Kota Palopo.

Pengumuman pengerjaan jembatan. --riawan--

"Sudah berhari- hari mi runtuhnya ini talut. Kejadiannya pada Sabtu (08/10/2022) pekan lalu saat hujan deras. Runtuhnya ini, bersamaan juga dengan ambruknya bagian dapur warga di bantaran sungai Pikung di sana itu," kata Mahmuddin di lokasi.

Menurutnya, dua kejadian tersebut telah disampaikan ke pemerintah setempat namun, entah kenapa tidak ada respon.

"Sudah saya laporkan ini waktu kejadian. Termasuk bagian dapur warga yang ambruk itu, tapi terkesan tidak ada respon. Jadi tadi saya posting karena kita khawatir akan makin parah kalau tidak ditindaki segera. Dan hasil postingan saya itu, sekarang sudah ada pekerja dan satu alat berat ekscavator datang di lokasi untuk kerja," lanjutnya.

Ia menambahkan pula bahwa dalam tahun ini, peristiwa itu sudah dua kali terjadi dan dua kali pula dikerja tapi kembali ambruk saat debit air tinggi di sungai.

"Tahun ini dua kali diperbaiki, bersamaan dengan talun dan bronjong yang ambruk. Perna kita ingatkan pekerjanya waktu itu, agar diperdalam turun supaya tidak terjadi ambruk tapi tidak dihiraukan," bebernya.

Untuk pantauan arus lalulintas sendiri, malam ini masih ramai. Lancar. Baik kendaraan roda dua, roda empat bahkan roda sepuluh melintas tanpa hambatan.

Sementara kondisi aspal bagian atas jembatan, nampak terjadi keretakan yang diperkirakan akibat takut penyangga jembatan yang telah ambruk.(Riawan)

  • Bagikan