Keberadaan PT BKL Diharap Bisa Mendongkrak PAD Lutim

  • Bagikan

Wakil Ketua II DPRD Lutim H Usman Sadik bersama instansi terkait saat melakukan kunjungan ke PT Bangunindo Karya Lutama (BKL) di Desa Asuli, Kecamatan Towuti, Luwu Timur, Jumat 14 Oktober 2022. --akmal--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOWUTI--- Wakil ketua II DPRD Luwu Timur, H Usman Sadik berharap kepada semua perusahaan yang beroperasi di Luwu Timur bisa memberikan kontribusi multi player efek kepada daerah ini. Mulai dari pemberdayaan tenaga kerja maupun pemasukan PAD untuk mendongkrak APBD Luwu Timur.

"Yang kita inginkan perusahaan itu bisa memberikan kontribusi dan tetap menaati semua ketentuan operasional yang berlaku," tegas Usman Sadik saat melakukan kunjungan dan investigasi pengoperasian pengelolah Aspal PT Bangunindo Karya Lutama (BKL) di Desa Asuli, Kecamatan Towuti, Luwu Timur, Jumat 14 Oktober 2022.

Untuk diketahui, dalam kunjungannya ke PT Bangunindo Karya Lutama yang merupakan perusahaan sub kontraktor pengaspalan di PT Vale itu, H Usman didampingi oleh sejumlah instansi terkait dilingkup Pemkab Luwu Timur, seperti dari Dinas Perindustrian, Pendapatan, Perizinan dan Lingkungan hidup, serta Camat Towuti, Drs Saenal.

"Kunjungan ini dilakukan berawal adanya laporan warga dan video yang beredar terkait kebocoran pipa yang mengeluarkan asap dan material campuran aspal yang keluar ke pemukiman. Yangmana kebocoran itu diduga dapat menimbulkan polusi udara disekitarnya. Makanya kita datang untuk melihat itu," terang Usman.

Jadi kita datang untuk melihat itu, kata Usman, dan sekaligus melihat semua administrasi kelengkapan perusahaan yang dipersyaratkan oleh undang-undang. Seperti perizinan, amdal, serta penggunaan BBM, karena perusahaan itu wajib menggunakan BBM industri dan bermuara pada pendapatan daerah.

"Terkait penggunaan BBM, saya sudah mempunyai data dan informasi, bahwa banyak perusahaan di Lutim ini yang tidak menggunakan BBM Industri dan sangat merugikan daerah, makanya tolong, sebelum kami tegas semuanya dibenahi, jangan main main, termasuk perlihatkan faktur pembelian BBM itu.

Silakan anda beraktifitas didaerah kami, tapi tolong semua ketentuan yang dipersyaratkan harus anda penuhi," terang Usman dihadapan para manejemen PT
Bangunindo Karya Lutama.

"Kan kebocoran pipa sudah dibenahi, jadi yang belum baik dikasi bagus, termasuk pengelolaan limbahnya. Jadi saya harap juga kepada semua dinas terkait untuk memahami tugas tugasnya juga dinas lingkungan hidup," beber Usman.

Sementara itu, Manajer
PT Bangunindo Karya Lutama, Eka, menyebutkan, bahwa pihaknya siap melakukan semua dan melengkapi apa kurang.
"Iya, kami siap membenahi dengan apa yang direkomendasikan oleh pihak pemerintah daerah dan ketentuan syarat yang berlaku," kata Eka.

Sementara itu pula, Camat Towuti, Drs Saenal, berharap kepada pihak perusahaan untuk membenahi hal hal yang dapat meresahkan warga.
"Kita inginkan semuanya berjalan dengan baik, jadi perusahaan bisa benahi apa yang kurang agar tidak menimbulkan keresahan masyarakat," ungkap Saenal. (akmal)

  • Bagikan