Desember, Buhari Putuskan Ikut Calon DPD Atau Pilkada

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, MAKASSAR--Setelah mendapat dorongan dari tokoh-tokoh KKLR agar Buhari Kahar Muzakkar (BKM) maju di Pilkada Luwu 2024 untuk tidak terjadi pecahnya suara dari Tana Luwu jika BKM maju calon DPD karena Datu Luwu Andi Maradang Makkulau juga akan maju calon DPD, selanjutnya Buhari meminta pandangan-pandangan dari keluarga dan sahabat terkait hal ini.

Hari Minggu lalu bertempat di Posko BKM Centre di Kabupaten Luwu, Buhari mengadakan pertemuan terbatas dengan keluarga dan sahabat untuk mendapat masukan apa ikut calon DPD atau calon Bupati Luwu pada tahun 2024 nanti.

Dalam pertemuan ini beberapa pandangan yang hadir diantaranya dari Gustam Tasbih, mantan Kader PAN, mengatakan potensi kelolosan BKM jika maju calon DPD itu lebih besar dan bisa diprediksi dengan perbandingan suara Utz Azis Kahar saat calon DPD.

"Suara DPD ustaz Azis Kahar dulu mencapai 1 juta, dan jika pak BKM maju calon DPD prediksi saya tidak kurang dari separuhnya suara utz Azis, katakanlah mendapatkan 500 ribu suara dan itu angka calon yang lolos", kata Gustam.

"Tapi dengan akan majunya juga Datu Luwu ke DPD maka hal ini memang perlu perenungan, ini dua figur dari garis tokoh pejuang asal Tana Luwu, kalau kita berharap keduanya bisa lolos apakah itu bisa dicapai, kita serahkan ke BKM ikut yang mana dan saran saya agar ikuti salah satunya saja", lanjut Gustam.

Masukan lain dari Andi Patongai asal Padang Sappa, yang lebih mengharapkan BKM berada pada peran yang bisa berhubungan langsung dengan kesejahteraan masyarakat sehingga berharap BKM maju di Pilkada Luwu pada Pemilu 2024 nanti.

" Kami lebih berharap pak BKM nanti maju di Pilkada, kalau jadi anggota DPD memang kedudukannya tinggi di pusat tetapi perannya tidak menyentuh langsung kebutuhan rakyat, dan figur BKM kami lihat yang paling tepat memimpin Luwu kedepan", kata Andi Patongai.

" Pilkada memang dinamikanya lebih tinggi dari calon DPD, tetapi pak BKM kan sudah ada pengalaman sebelumnya sebagai bahan pelajaran", lanjut A Patongai.

Turut memberi pandangan-pandangan diantaranya dari tokoh agama Utz Haidir Sangaji, Pembina Pesantren Bajo, dan Abd. Muis Kadir Nontji dari Kota Belopa.

Menyikapi berbagai masukan jelang momen politik tahun 2024, Buhari akan putuskan sikapnya pada bulan Desember 2022, apakah akan maju sebagai calon DPD atau maju di Pilkada Luwu.

" Menyikapi berbagai masukan ini antara saya maju calon DPD atau maju di Pilkada Luwu, insya Allah akan saya putuskan pada bulan Desember nanti, Semoga Allah Swt senantiasa memberi petunjukNya jalan yang terbaik untuk kita bisa berbuat kepada masyarakat", kata Buhari. (ikh)

  • Bagikan