Ketum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Konsolidasi PMTI di Belanda

  • Bagikan

Ketua Umum PMTI Mayjen TNI Purn Yulius Selvanus Lumbaa dan Istri saat bersama Dubes RI di Belanda. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO - Ketum PMTI Mayjen TNI (purn) Yulius Selvanus Lumbaa bersama ibu, keluarga, dan rombongan berangkat ke Belanda untuk bersilaturahmi dengan masyarakat Toraja yang ada di Den Haag, Belanda.

Melalui Sekjen PMTI Dating Palembangan SE Ak MM, menjelaskan bahwa langkah konsilidasi PMTI ke Luar Negeri terus dijalankan. Setelah beberapa upaya membantu masyarakat Toraja yang mengalami kendala di Luar Negeri, sampai langkah pemulangan TKI yang akhirnya mesti balik ke kampung halaman.

Melalui Ketua Bidang Luar Negeri PMTI Dewi Sartika Pasande, konsolidasi organisasi digulirkan.

''Pertemuan ini dilaksanakan di Aula KBRI Tobias Aserlaan 8, Den Haag, Belanda. Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu, 23 Oktober jam 17.00 waktu setempat, ditemani makanan-makanan citarasa Indonesia," jelas Sekjen PMTI melalui sambungan WhatsApp Rabu, 26 Oktober 2022.

Sekjen PMTI mengatakan, pada kesempatan tersebut, dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Belanda Mayerfas bersama ibu.

Hadir juga Atase Pertahanan, Atase Pendidikan dan Atase Kebudayaan.Ketum PMTI memberikan Pasappu dan Sambu kepada Pak Dubes dan ibu Ani memberika Sepu' kepada ibu Dubes.

"Dialog Pengurus Pusat PMTI dengan masyarkat Toraja di Belanda menjadi agenda yang sangat hangat, untuk bisa saling berbagi semangat. Hadir juga Masyarakat Luwu Raya yang ada di Belanda dalam silaturahmi yang begitu hangat tersebut,'' ujar Dating Palembangan yang juga Bacabup Toraja Utara pada Pilkada 2024 ini.

Diketahui, Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia, Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa hadir di Eropa yang diawali pertemuan dengan Dubes RI Bapak Mayerfas di Den Haag Belanda.

Kemudian Ketum PMTI dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Paris untuk ceremony peletakan batu pertama pembangunan lumbung atau alang Toraja di Renne, Perancis.

"Selain itu, Ketum PMTI akan melantik pengurus PMTI se-Eropa dan melakukan serangkaian acara diaspora Toraja, fashion, kuliner, dan lain-lain dalam rangka mempromosikan pariwisata Toraja di Eropa. “Misa’ Kada Dipotuo Pantan Kada Dipomate,” pungkas Sekjen PMTI.(albert tinus)

  • Bagikan