HKN ke-58, dr Nasa Edukasi Bumil dan Cegah Stunting di Puskesmas Sendana

  • Bagikan
Mantan Direktur RSUD Sawerigading Palopo, dr Nasaruddin Nawir menyerahkan secara simbolis asupan tambahan pada bayi di Puskesmas Sendana, Senin, 31 Oktober 2022. --ft: istimewa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SENDANA-- Panitia Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Kota Palopo melanjutkan road show kesehatan dokter spesialis ke Puskesmas Sendana, Palopo, Senin, 31 Oktober 2022 pagi. Sebelumnya, melakukan kegiatan yang sama di Puskesmas Wara Selatan.

Dalam kunjungan itu, mantan Direktur Utama RSUD Sawerigading Palopo, dr Nasaruddin Nawir SpOG(K) MARS melakukan edukasi kesehatan Ibu Hamil (Bumil) dan pencegahan stunting. Juga menyerahkan secara simbolis asupan tambahan pada bayi di bawah lima tahun (Balita).

Kemudian dr Rismayanti Nawir Sp.THT.KL MKes yang merupakan dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) bersama dr Iin Fatimah habis SpTHT.KL yang juga Ketua Panitia HKN ke-58 Palopo melakukan pemeriksaan THT kepada anak.

dr Nasa pada kesempatan itu, memaparkan, pemeriksaan kehamilan secara dini dan teratur ke Puskesmas dan Posyandu dapat mencegah terjadinya stunting. Dan semua ibu hamil wajib melakukan pemeriksaan kadar hemoglobin guna mencegah ibu hamil yang anemia yang dapat berefek kepada perkembangan bayi.

Juga pemeriksaan tripel eliminasi (HIV, hepatitis, dan syphilis), guna memutuskan rantai penularan ke bayi. Serta wajib melakukan pemeriksaan USG ke rumah sakit. (ikh)

  • Bagikan