Warga Pertanyakan Pemasangan Septic Tank Tidak Ditimbun dalam Tanah, Dikuatirkan Cepat Rusak

  • Bagikan
Pemasangan septic tank yang tidak ditimbun dalam tanah. --ft: istimewa--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SALOTELLUE-- Pemasangan septic tank di Kelurahan Salotellue, Kec. Wara Timur, dipertanyakan warga. Pasalnya, septic tank tersebut tidak ditimbun dalam tanah. Ada juga hanya ditimbun setengah. Hal tersebut dikuatirkan cepat rusak.

''Menurut anda bagaimana jika melihat septic tank yang begini modelnya hanya setengahnya yang ditanam. Kira-kira berapa lama bisa bertahan kalau setiap hari terkena sinar matahari,'' tulis Sumardin Matsun pada akun facebooknya, Senin, 7 November 2022 kemarin.

Sumardin memosting dua foto pemasangan septic tank pada lokasi yang berbeda. Foto pertama, septic tank portable sama sekali tidak ditimbun. Sedang foto kedua, septic tank ditimbun setengah.

Informasi yang dihimpun Palopo Pos, sebanyak 50 rumah di Kelurahan Salutellue, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo mendapatkan bantuan Septic Tank. Anggarannya sebanyak Rp265 juta. Proyek tersebut merupakan swakelola yang dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Bendahara KSM Andi Nyiwi, Haeruddin saat dikonfirmasi pula mengatakan adapun bentuk pemasangan septic tank seperti itu atas permintaan warga sendiri. “Itu permintaan warga sendiri, ” ucapnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Septick Tank, Ibnu Rus menyampaikan, di Kota Palopo terdapat 11 Kelurahan yang mendapatkan bantuan Septick Tank dan itu dikelola oleh KSM. Angarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). (ikh)

  • Bagikan