Layanan Antar Pulang Gratis Pasien RS I Lagaligo Disukai Warga, Tercatat Sudah 700 Pasien Dilayani

  • Bagikan

Nampak mobil layanan antar pulang gratis pasien pasca rawat inap di Rumah Sakit I Lagaligo, Wotu, Luwu Timur. --akmal--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, WOTU--- Semenjak dilaunching oleh Bupati Luwu Timur, Budiman pada awal Februari 2022 lalu, layanan antar pulang gratis pasien pasca rawat inap di rumah sakit I Lagaligo, telah berjumlah 700 lebih pasien.

"Hingga akhir November 2022, jumlah pasien pasca rawat inap yang diantar pulang secara gratis ke rumah mereka sekitar 700 orang lebih. Saat ini jumlah armada/mobil yang kami siapkan sebanyak 2 unit dengan rata-rata pengantaran perharinya 3-4 pasien,” ungkap Direktur BLUD RS I Lagaligo Wotu, Luwu Timur, dr. Benny, Senin 5 Desember 2022.

Untuk diketahui, antar pasien gratis ini merupakan salah satu program unggulan bupati Luwu Timur di sektor kesehatan. Dimana pelayanan antar pulang secara gratis pasien pasca rawat inap di rumah sakit I Lagaligo Wotu ini, benar-benar dirasakan manfaatnya oleh warga Luwu Timur, khususnya bagi keluarga kurang mampu yang memang jadi prioritas dalam program ini.

"Selain itu, program unggulan pemkab Luwu Timur lainnya di sektor kesehatan sebagaimana yang tertuang dalam visi misi bupati Budiman adalah pelayanan 1 kamar 1 pasien. Dan program ini juga telah direalisasikan berbarengan dengan layanan antar pulang gratis pasca rawat inap di rumah sakit I Lagaligo Wotu," tutur Benny.

Dalam pengantaran pasien pulang ke rumah, tambah Benny, pihaknya tetap menjamin keselamatan pasien sampai ke rumahnya.

Apresiasi terhadap layanan secara gratis bagi pasien pasca rawat inap seperti ini diungkapkan oleh sejumlah warga.

“Saya mewakili keluarga, saya mengucapkan Alhamdulilah karena sangat bersyukur atas pelayanan RSUD I Lagaligo yang bisa memfasilitasi kami untuk pulang ke rumah, seperti orang tua kami yang telah menjalani perawatan. Terima kasih atas fasilitas dan pelayanan ini yang sangat membantu kami sebagai warga tidak mampu,” ujar Erniwanti , putri pasien, Ny Amina warga desa Lambarese kecamatan Burau.

Erniwanti mengakui, pihak keluarga dan kerabatnya memang terkendala biaya transportasi pengantaran untuk pulang ke rumah pasca rawat inap di rumah sakit karena faktor ekonomi.

"Pelayanan gratis pengantaran pulang pasien pasca rawat di rumah sakit I Lagaligo adalah program yang sangat membantu masyarakat, khususnya warga kurang mampu. Program ini pantas untuk dilanjutkan karena sangat membantu masyarakat," terang Erniwanti. (akmal)

  • Bagikan