Dewi Sartika Pasande Bantu Alirkan Air Bersih Dua Lembang di Toraja Utara

  • Bagikan
Staf Dewi Sartika Pasande, Joni Mantong (topi hitam), menerima perwakilan warga Lembang Bokin dan Lembang Baruppu Parrodo untuk mengucapkan terima kasih atas pembangunan instalasi air bersih ke desa mereka, Sabtu (24/12/2022). IST
  • Penantian 10 Tahun, Warga Sangat Berterima Kasih

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID RANTEPAO -- Tokoh perempuan Toraja dan Tana Luwu yang juga Direktur PT Jas Mulia, Dewi Sartika Pasande (DSP), akhirnya mewujudkan harapan dari masyarakat di dua lembang di Toraja, dalam hal pemenuhan kebutuhan air bersih.


Hal ini sebagai wujud pelayanan kasih. Dua masyarakat lembang yang mendapat pelayanan ini adalah Lembang Bokin, Kecamatan Rantebua dan Lembang Baruppu Parrodo, Kecamatan Baruppu, Kabupaten Toraja Utara.


Staf DSP, Joni Mantong, mengatakan pelayanan kasih berupa pembuatan instalasi air bersih di kedua desa tersebut.


"Kedua lembang atau desa tersebut sudah lebih 10 tahun belum memiliki instalasi air bersih karena lokasinya di wilayah pegunungan. Untuk mendapat air bersih, warga harus berjalan sekitar 2 hingga 3 kilometer," ujar Joni, Sabtu (24/12/22).


Dia menjelaskan, hati DSP terketuk membantu warga dua desa tersebut karena prihatin melihat kondisi warga yang kekurangan air bersih.


"Awalnya ibu Dewi lewat di dua desa tersebut. Saat ibu Dewi singgah di salah satu rumah warga untuk menumpang membasuh muka, ternyata warga tidak punya air. Menurut warga, mereka sudah sangat lama kesulitan air bersih," kata Joni.


Setelah mendengar penjelasan warga bahwa untuk mendapat air bersih mereka harus berjalan hingga 3 kilometer, hati ibu Dewi langsung terenyuh.


"Dalam perjalanan pulang, ibu Dewi mengatakan akan membuat instalasi air bersih di dua desa. Dan hari ini janji itu ditunaikan," tambah Joni.


Pria berkacamata ini menjelaskan, panjang pipa untuk menyalurkan air bersih ke kedua lembangg ini, masing-masing 1.500 meter.


Hari ini, lanjut Joni, sejumlah staf mewakili ibu Dewi melakukan penyerahan penggunaan instalasi pipa air kepada perwakilan masyarakat kedua lembang.


"Kebetulan ibu Dewi sedang berada di luar kota hari ini. Sehingga dia meminta kami untuk mewakilinya menyerahkan kepada warga. Beliau ingin warga segera menikmati air bersih," kata Joni.


Salah satu warga Desa Baruppu Parrodo mengucapkan terima kasih kepada Dewi Sartika Pasande.
"Mewakili warga Bokin dan Baruppu, saya mengucapkan terima kasih banyak. Berkat ibu Dewi, kesulitan kami akan air bersih selama bertahun-tahun teratasi," ujarnya.


Dikonfirmasi via WhatsApp, Dewi Sartika Pasande mengatakan air adalah kebutuhan dasar manusia.
"Filosofi hidup itu, air adalah kehidupan. Air menjadi sumber utama kehidupan manusia. Sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk menutup mata ketika melihat warga kesulitan air bersih," tutupnya.

Sebagai informasi kalau Dewi Sartika Pasande saat ini tengah mempersiapkan diri menuju Senayan pada Pileg 2024 mendatang lewat Partai Demokrat. (idr)

  • Bagikan