2nd Edition Pemilihan Duta Kampus IAIN Palopo 2023 Berjalan Sukses dan Meriah

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI-- Komunitas Duta Kampus IAIN Palopo sukses menggelar Pemilihan Duta Kampus IAIN Palopo Tahun 2023 dimana event ini merupakan perhelatan kedua kalinya (2nd Edition) pada Sabtu malam, 24 Desember 2022 di Gedung Auditorium Phinisi IAIN Palopo.

Asrul dan A. Dinda Febriyanti terpilih sebagai juara satu dalam kegiatan kali ini. Kegiatan yang menggagas tema “Regenerasi Duta Kampus yang Berintelektual, Berdaya dan Berbudaya, Serta Mengedepankan Moral dan Akhlak Sebagai Representasi Mahasiswa” tersebut diikuti sebanyak kurang lebih 40 Grand Finalist yang berasal dari masing-masing 18 Program Studi Sarjana yang ada di IAIN Palopo.

Menurut Ketua Panitia, M. Aditia Asri melalui rilis yang diterima Palopo Pos, Senin, 26 Desember 2022, sebelum malam grand final dilaksanakan, para peserta Duta Kampus IAIN Palopo 2023 juga telah mengikuti beberapa rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh panitia pelaksana seperti Technical Meeting, Pemotretan, Pembekalan selama dua hari, Deep Interview hingga Unjuk Bakat oleh seluruh grand finalist di Aula Serbaguna IAIN Palopo pada Kamis, 22 Desember 2022.

Pembekalan yang dilaksanakan selama 2 hari diisi dengan materi yang dapat meningkatkan pengetahuan serta wawasan peserta. Pada hari pertama Senin 19 Desember 2022, pembekalan diisi dengan materi Publik Speaking yang dibawakan oleh Tasdin Tahrim, S.Pd., M.Pd. Dilanjutkan dengan materi Catwalk Class oleh Rafli Saputra, S.Pd., dan Sevli Harti Ponto, serta materi Konstruksi Linguistik Moderasi Beragama oleh Dr. Helmi Kamal, M.HI. selaku pembina Duta Kampus IAIN Palopo serta Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Syar'iah.

Di hari kedua Selasa 20 Desember 2022, peserta dibekali oleh dr. Nurhasanah mengenai penyakit menular HIV/AIDS serta pemeriksaan kepada seluruh grand finalist di hari itu. Selanjutnya diisi dengan materi Kosmetik Aman oleh Didimus Pasira, S.KM. dari Loka POM Kota Palopo kemudian materi Kemahasiswaan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Palopo, Dr. Muhaemin, M.A..

Diakhiri dengan materi Catwalk Class dan Opening Dance Class oleh beberapa senior Duta Kampus IAIN Palopo diantaranya Risaldi Alfauzie, S.Sos. dan Muh. Patri Dwi Jaya.

Masih menurut Aditia, Duta Kampus yang akan terpilih nantinya akan membawakan nama Kampus IAIN Palopo dalam kompetisi Pemilihan Duta Kampus Sulawesi Selatan 2023 yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 bertempat di Kota Makassar.

“Siapapun yang terpilih nanti akan menjadi Icon Kampus IAIN Palopo untuk edisi kedua yang akan mensosialisasikan kampus baik di dalam daerah Kota Palopo hingga di luar daerah. Selain itu, mereka sebagai Duta Kampus IAIN Palopo 2023 nantinya juga akan menjadi partner Humas Kampus dalam mempromosikan Kampus baik secara langsung maupun media social”, ujar M. Aditia Asri.

Pada malam grand final, para peserta kembali di seleksi dalam beberapa sesi, diantaranya sesi Speech/Orasi 1 menit di tahap 10 besar putra dan putri dilanjutkan dengan sesi 5 besar putra dan putri. Pada sesi ini, peserta mendapatkan pertanyaan dari 4 juri diantaranya Dr. Helmi Kamal, M.HI., Tasdin Tahrim, S.Pd., M.Pd., Nurhayati Usman, S.Pd.I, M.Hum. selaku pembina Duta Kampus IAIN Palopo serta Rusdi sebagai Duta Kampus IAIN Palopo 2022 dan Winner Duta Kampus Sulawesi Selatan Tahun 2022, hingga pada sesi penyisihan terakhir yaitu sesi 3 besar putra dan putri.

Dalam perhelatan kali ini, panitia banyak mendapat dukungan dari sponsor mulai dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Palopo, Percetakan Amy, Honda Palopo, Van_88 Gadget, Pandawa IAIN Palopo, Ada Kado Store, Famo Management, Dinas Pendidikan, Drestanta Tiyasa Manajemen Luwu, CV. Elmira, SM (Sahabat Muwaffiq), Nyloveta Craft, Maxim, Djarum Palopo, Selempang Hits Kota Palopo, Nadila Bouquet, Ewink Stiker, Yayasan JMM, Heelodent hingga Sevli Harti Ponto Make-up Artis.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh seluruh Lembaga Mahasiswa dari HMPS, Dema dan Sema IAIN Palopo. Serta sekitar 600 supporter turut hadir memeriahkan perhelatan acara malam puncak yang dilaksanakan di Auditorium Phinisi. Selain itu, di malam puncak turut hadir Muh. Jibran selaku Perwakilan Duta Kampus Sulawesi Selatan yang sempat mendapat gelar sebagai Duta Favorite pada Pemilihan Duta Ekowisata Indonesia 2022. (rls/ikh)

. Duta Kampus IAIN Palopo 2023

* Kategori Juara Putra

1. Asrul (Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, FUAD) – Winner
2. Muh. Qayyum (Program Studi Hukum Keluarga Islam, FASYA) – 1st Runner-Up
3. Ahmad Baharuddin (Program Studi Ilmu Al-Qur'an danTafsir, FUAD) – 2nd Runner Up

Kategori Juara Putri
1. A. Dinda Febriyanti (Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI) - Winner
2. Nirwana (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, FTIK) - 1st Runner-Up
3. Karin Dwinta (Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, FUAD) - 2nd Runner-Up

Kategori Juara Duta Fakultas
1. Isma (Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam) - Duta Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
2. Ilma Latifatul Lutfiah (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini) - Duta Fakultas Tarbiyah

dan Ilmu Keguruan
3. Nurul Mutiara Siska Salsabila (Program Studi Hukum Tata Negara) - Duta Fakultas Syar'iah
4. Ayu Diah Anisa (Program Studi Perbankan Syariah) - Duta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Kategori Juara Atribut
1. Syacha Maulana (Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, FUAD) - The Best Talent Putra
Isma (Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, FUAD) - The Best Talent Putri
2. Khaerulullah (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, FTIK) - The Best Intelegensia Putra
Nurul Mutiara Siska Salsabila (Program Studi Hukum Tata Negara, FASYA) - The Best Intelegensia
Putri
3. Ahmad Ansori (Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, FUAD) - The Best Performance Putra
Novi Adriani Hakim (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FTIK) - The Best Performance
Putri
4. Muh. Qayyum (Program Studi Hukum Keluarga Islam, FASYA) - The Best Personality Putra
Dea Oktaviani (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FTIK - The Best Personality Putri
5. Ahwan Ganda (Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, FASYA) - The Best Persahabatan Putra
Nadya Diandra Sari (Program Studi Ekonomi Syariah, FEBI) - The Best Persahabatan Putri
6. Jumrah (Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, FTIK) - The Best Social Media
7. Lisa Aurel (Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, FUAD) - The Best Favorite. (*)

  • Bagikan