Malam Tahun Baru, Kawasan Buntu Burake Terbakar Akibat Petasan Pengunjung

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKALE -- Kebakaran terjadi di semak belukar Kawasan Patung Yesus Memberkati Buntu Burake di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kebakaran diduga karena petasan yang digunakan pengunjung saat malam pergantian tahun baru.


"Tepat di bawah patung, di sana ada alang-alang itu yang terbakar," kata salah seorang juru parkir objek wisata, Danny dilansir detikSulsel, Ahad (1/1/2023).


Semak-semak terbakar di bawah Patung Yesus Memberkati Buntu Burake di Tana Toraja. Foto: Dok. Istimewa/Tangkapan Layar


Danny mengungkapkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.45 Wita, Ahad (1/1). Menurutnya, salah seorang pengunjung saat itu melempar petasan ke bawah tebing dan memicu munculnya api sehingga membuat alang-alang terbakar.


"Ada orang lempar petasan. Langsung terbakar dan pengunjung langsung panik, karena mereka kira patungnya yang terbakar, saya langsung telpon pemadam," ungkapnya.


Tim Damkar langsung merespon laporan warga atas kejadian tersebut. Beruntung tidak ada korban atas insiden itu.


"Dua armada kami kerahkan semalam. Kita sisir sisinya dulu untuk hentikan meluasnya api," ujar salah seorang anggota Damkar Tana Toraja, Army.


Dia menambahkan, sebanyak 2 mobil Damkar dikerahkan untuk memadamkan api. Menurutnya, api tidak sampai pada Patung Yesus Memberkati.


"Itu api baru bisa kami padamkan sekitar 20 menit. Tidak sampai di patung, hanya semak yang terbakar," tandasnya.(int/idr)

  • Bagikan