Sekjen PP PMTI Apresiasi Peserta Tunas Bahasa Ibu dari Toraja Mewakili Provinsi Sulawesi Selatan

  • Bagikan

Sekjen PP PMTI, Dating Palembangan,bersama orang tua peserta Pdt. Andi Kaluppini dan anak-anak peserta Festival Tunas Bahasa ibu dari Tana Toraja dan Toraja Utara, Senin, 13 Februari 2023 di Hotel Sultan Jakarta. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Sekretaris Jenderal(Sekjen) PP PMTI Dating Palembangan, SE,Ak, MM bersama Sekretaris Dewan Penasehat PMTI Kalvin Pakambanan menjumpai peserta Festival Tunas Bahasa Ibu dari Tana Toraja dan Toraja Utara di hotel Sultan Jakarta 13 Februari 2023.

Pimpinan rombongan Aris Lintong dan orang tua peserta Pdt Andi Kaluppini, mereka memberi penjelasan kepesertaan yaitu mewakili tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Melalui sambungan WhatsAppnya, Selasa, 13 Februari 2023 Sekjen Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) Dating Palembangan mengaku terkesan dan sangat bangga melihat prestasi dari anak didik mereka yang dapat mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di Jakarta.

"Tujuan kegiatan tersebut diadakan adalah untuk melestarikan bahasa Ibu. Yaitu, bahasa Toraja sebagai salah satu kekayaan bangsa Indonesia di Toraja," jelasnya.

Dalam diskusi dengan para pendamping, dia menyampaikan bahwa bahasa Toraja itu tidak hanya digunakan di Tana Toraja dan Toraja Utara. Tetapi, juga digunakan di Sulawesi Barat yaitu Mamasa di Kalumpang dan juga digunakan di daerah Luwu Raya.

"Entitas etnis Toraja yang menggunakan Bahasa Toraja sangat besar jumlahnya. Sudah jutaan masyarakat Toraja menggunakannya," beber Dating Pelembangan yang disebut -sebut Bakal Calon Bupati Toraja Utara ini.

Dating juga berharap agar bahasa Toraja dapat dilestarikan kepada anak-anak sejak masuk PAUD dan ke Perguruan Tinggi di Toraja khususnya.

"Harapan saya, bahwa bahasa Ibu Toraja supaya dilestarikan lewat sekolah sejak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bahkan, sampai ke jenjang Perguruan Tinggi khususnya di Toraja," harapnya.

"Saya sangat mengapresiasi kepada guru dan pendamping atas keberhasilan anak didik mereka untuk mewakili Provinsi Sulsel. Semoga jiwa kompetisi anak didik supaya ditingkatkan selanjutnya dan PMTI siap berkolaborasi melestarikan bahasa Ibu Toraja," ucap Mantan Ketua GAMKI pusat ini.

Selain itu,Sekjen PP PMTI sangat Mengapresiasi kepada guru dan Pendamping atas keberhasilan anak didik mereka mewakili Provinsi Sulawesi Selatan.

"Supaya jiwa kompetisi anak didik agar ditingkatkan selanjutnya, dan PMTI siap berkolaborasi melestarikan bahasa Ibu Toraja," pungkasnya. (Albert)

  • Bagikan