Karena Inovatif, UMB Palopo Boyong 3 Penghargaan LLDIKTI IX

  • Bagikan

Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes saat menerima penghargaan apresiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi yang melakukan konsolidasi peningkatan mutu melalui program penggabungan, penyatuan dan program perubahan bentuk perguruan tinggi swasta dari LLDIKTI Wilayah 9 Sulawesi yang diserahkan diserahkan oleh Deni Kurniawan, Koordinator Pengembangan Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi. --hms umb--

Dipercaya UNHAS Kelola 15 Prodi S2 dan S3 dan Subsidi Biaya Kuliah Mahasiswa Baru

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Universitas Mega Buana (UMB) Palopo menerima 3 penghargaan Anugerah LLDIKTI Wilayah IX pada kegiatan malam penganugerahan yang digelar di Makassar, di Hotel Claro Makassar, Kamis, 16 Februari 2023. Penghargaan ini adalah yang kesekian kalinya dari lembaga tersebut.

Hal ini sebagai bukti bahwa kampus yang beralamat di jalan Andi Ahmad (eks jalan Veteran) Palopo ini selalu inovatif dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat dan berkontribusi besar terhadap pembangunan pendidikan tinggi di wilayah Sulawesi 9.

Tiga penghargaan dari LLDIKTI wilayah 9 dibawa pulang diantaranya Universitas Mega Buana sebagai Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi yang Melakukan Konsolidasi Peningkatan Mutu Melalui Program Penggabungan/Penyatuan dan Program Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Swasta, kemudian penghargaan kedua diberikan kepada Rektor Universitas Mega Buana Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si.,Apt.,M.Kes. Sebagai Pimpinan Perguruan Tinggi yang Inovatif, dan penghargaan ketiga diberikan kepada Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo Sebagai Penyelenggara Perguruan Tinggi atas Implementasi Penggabungan/Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta Lingkup LLDIKTI Wilayah IX. Tahun 2022 Kategori Perguruan Tinggi yang Mengelola Program Studi dan penyelenggara yang telah melakukan penggabungan penyatuan maupun perubahan bentuk di tahun 2022.

Apresiasi kelembagaan ini diberikan dengan memperhatikan tiga indikator pada perguruan tinggi tersebut yakni setelah melakukan penggabungan, penyatuan maupun perubahan bentuk perguruan tinggi, yaitu yang pertama data PDDIKTI Tidak terdapat program studi berstatus merah, yang kedua, program studi yang baru dimasukkan telah terakreditasi minimal baik, dan yang ketiga adalah migrasi atau perpindahan data pada PDDIKTI telah selesai 100 persen.

Ketiga penghargaan ini diterima langsung, Rektor UMB Palopo, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.kes yang diserahkan Bapak Deni Kurniawan, Selaku Koordinator Pengembangan Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset Dan Teknologi RI. "Alhamdulillah 3 penghargaan ini kita dapatkan dari LLDIKTI Wilayah IX, semoga ini bisa memberikan motivasi kepada kita semua untuk terus meningkatkan kinerja yang baik dalam pengelolaan perguruan tinggi,"ujarnya.

Anugerah LLDIKTI Wilayah IX merupakan bentuk penghargaan yang diberikan Oleh LLDIKTI Wilayah IX kepada Perguruan Tinggi berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi kinerja Perguruan Tinggi dalam mengemban Tri Dharma di institusi masing-masing. Kategori penganugerahan kali ini berfokus pada kinerja perguruan tinggi yang mendukung pencapaian indikator kinerja utama perguruan tinggi maupun indikator kinerja utama lembaga layanan pendidikan tinggi.

Kepala LLDikti IX, Drs. Andi Lukman, M.Si. mengapresiasi perguruan tinggi yang mendapatkan sertifikat penghargaan dan piala terbaik malam ini. Diharapkan ini bisa terus memacu semangat berprestasi, unggul melalui kolaborasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). "Berprestasi dan unggul itu kuncinya,"harap Andi Lukman.

*Dipercaya UNHAS Kelola 15 Prodi S2 dan S3

Sebelum menerima penghargaan, pada Kamis pekan kemarin, Universitas Mega Buana Palopo menjalin kerjasama dengan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin. Kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan di Sekolah Pascasarjana Unhas. Sejumlah program studi yang dikerjasamakan yaitu, Program S2 Kebidanan, Program Studi, S3 Ilmu Pertanian, S3 Studi Pembangunan, S3 Ilmu Lingkungan, S2 Sistem-Sistem Pertanian, S2 Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, S2 Pengelolaan Lingkungan Hidup, S2 Agribisnis, S2 Manajemen Perkotaan, S2 Ilmu Biomedik, S2 Jender dan Pembangunan, S2 Teknik Perencanaan Prasarana, S2 Transportasi, S2 Ilmu Kebidanan, S2 Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu
dan S2 Manajemen Bencana.

Hadir dalam penandatangan tersebut diantaranya Dekan Sekolah Pasca Sarjana Unhas Prof. dr, Budu, Ph.D., Sp. M(K).,M. MedEd, Wakil Dekan 2 Sekolah Pasca Sarjana Unhas Prof. Dr. Darmawansyah, SE, M.Si, Rektor Universitas Mega Buana Dr. Nilawati Uly, S.Si.,Apt.,M. Kes dan Pembina Yayasan Pendidikan Mega Buana H. Rahim Munir Said, SP.,M.M.

Rektor Universitas Mega Buana Dr. Nilawati Uly, S.Si.,Apt.,M. Kes menyampaikan bahwa UMB Palopo dipercaya mengelola sebanyak 15 Program Studi Sekolah Pascasarjana Unhas "Jadi semua program studi pasca sarjana Unhas itu telah dikerjasamakan dengan UMB Palopo, sistem pembelajarannya dilakukan secara hybrid yaitu online dan offline,"katanya kepada Media.

Diketahui ini adalah kerjasama yang kesekian kalinya dibangun UMB Palopo dengan Universitas Hasanuddin. Sebelumnya, UMB Palopo juga telah menjalin sebanyak 156 kerjasama dalam negeri dan 20 kerjasama luar negeri di empat benua seperti di Temple University Philadelphia, Amerika, Supertex (Swedia, Eropa), RUDN University (Moscow), TOMSK University (Moscow), TAFE University (Australia), dan beberapa perguruan tinggi dan instansi di Jepang, Taiwan, Thailand, India dan Malasya.

*Beri Subsidi Biaya Kuliah Kepada Mahasiswa Baru

Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2023-2024 ini, Universitas Mega Buana (UMB) Palopo memberikan subsidi biaya kuliah kepada mahasiswa baru pada pendaftaran tahap pertama yang akan berlangsung hingga Maret mendatang. Program itu diberikan menjelang Dies Natalis ke 14 tahun dan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Keringanan biaya pendidikan dalam bentuk subsidi kepada pendaftar tahap pertama sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaannya terhadap UMB Palopo dan dalam rangka dies natalis ke 14 tahun. Menurut Rektor, kiprah UMB Palopo sejak berdiri tahun 2009 lalu terus berkomitmen membangun dunia pendidikan. Kepercayaan masyarakat juga semakin baik dengan serapan alumni dalam dunia kerja yang cukup tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri. Karena itu sebagai apresiasi Dies Natalis tahun 2023 ini, pihaknya memberikan subsidi kepada calon mahasiswa baru untuk sejumlah Program Studi.

Diketahui Program studi yang dikelola kampus ini yaitu, S2 Kesehatan Masyarakat, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Keperawatan, Profesi Ners, S1 Kebidanan, Profesi Bidan, S1 Perdagangan Internasional, S1 Kewirausahaan, S1 Ilmu Hukum dan dua prodi baru yaitu, S1 Sistem Informasi, S1 Informatika. Hampir seluruh Program Studi diberikan Subsidi untuk pendaftar pertama yakni untuk alih jenjang D3 ke S1 Ilmu Keperawatan dan S1 Kebidanan hanya Rp19.000.000 sampai selesai wisuda, Kemudian Proesi Bidan sampai selesai kuliah hanya Rp12.000.000, Profesi Ners, biaya Kuliah sampai selesai Rp16.000.000 semua biaya tersebut bisa diangsur sampai selesai kuliah.

Kemudian Fakultas Kesehatan diantaranya S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Imu Keperawatan, S1 Kebidanan biaya kuliah hanya Rp2.000.000 per Semester, S1 Ilmu Komputer dengan Program Studi S1 Sistem Informasi dan S1 Informatika biaya kuliah per semester hanya Rp1.200.000 juta, Fakultas Bisnis dengan Prodi Perdagangan International dengan Kewirausahaan biaya kuliah per semester hanya Rp1,7 juta, dan S1 Ilmu Hukum dengan biaya kuliah per semester hanya Rp1.300.000. Semua biaya kuliah di UMB Palopo selain lebih rendah juga bisa diangsur.

Disampaikan pada tahun akademik 2023-2024,tahapan peneriman mahasiswa baru dalam 5 tahap. Batch 1 / 22 Januari - 20 Maret 2023, kemudian Batch 2 / 22 Maret-20 Mei 2023, Batch 3 / 22 Mei-20 Juni 2023 Batch 4 / 22 Juni-20 Juli 2023, dan Batch 5 / 22 Juli - 20 Agustus 2023. "Subsidi biaya kuliah ini berlaku untuk pendaftar pertama saja, pendaftaran dilakukan melalui link http://pmb.umegabuana.ac.id atau mengubungi 08154832661," sebutnya.(*/uce)

  • Bagikan