BAN PDM Sulsel Gelar Sosialisasi dan Lokakarya Akreditasi untuk 16 PAUD di Palopo

  • Bagikan
Pembukaan sosialisasi dan lokakarya Akreditasi BAN PDM Provinsi Sulsel tingkat Kota Palopo digelar di Aula Kantor Haji, Jl. Andi Tadda, Sabtu 27 April 2024, yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, turut dihadiri Sekretaris BAN PDM Sulsel, Andi Kurniawan Bausat Manggabarani, SE, Koordinator Forum Asesor Palopo Andi Pandangai, Koordinator Pengawas Palopo, perwakilan PAUD se-Palopo. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah yang selanjutnya disebut BAN-PDM Provinsi Sulsel melakukan sosialisasi dan lokakarya pendampingan untuk 16 PAUD di Kota Palopo.

Kegiatan sosialisasi dan lokakarya Akreditasi BAN PDM Provinsi Sulsel tingkat Kota Palopo digelar di Aula Kantor Haji, Jl. Andi Tadda, Sabtu 27 April 2024, yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, turut dihadiri Sekretaris BAN PDM Sulsel, Andi Kurniawan Bausat Manggabarani, SE, Koordinator Forum Asesor Palopo Andi Pandangai, Koordinator Pengawas Palopo, perwakilan PAUD se-Palopo.

Pada pembukaan, Koordinator Forum Asesor Palopo yang juga Panitia Pelaksana, Andi Pandangai mengungkapkan, sosialisasi dan lokakarya kali ini untuk satuan pendidikan PAUD (TK dan PKBM). Jumlahnya untuk Kota Palopo sebanyak 16 satuan pendidik.

Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari kegiatan di Provinsi Sulsel beberapa waktu lalu, juga untuk persiapan satuan kerja pendidik menghadapi akreditasi melalui Sispena, sekaligus singkronisasi Dapodik.

Adapun metode pengunggahan akan dipandu oleh tim asesor nantinya dari BAN PDM Sulsel. "Kami dari Tim Asesor akan melakukan pendampingan dalam proses pengunggahan, lantaran batas waktunya sangat singkat yakni sampai 20 Mei mendatang," kata Andi Pandangai.

Untuk itu, kepada mitra kami butuh kerja samanya karena kerja ini ikhlas dan beramal untuk mengawal kualitas pendidikan di Kota Palopo.

Sementara itu, Sekretaris BAN PDM Sulsel, Andi Kurniawan Bausat Manggabarani, SE turut menyampaikan, bahwasanya pada Rakorda 1 BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH Tahun 2024 di Kota Makassar lalu, membawa pesan untuk menegaskan kembali Peran dan Posisi Startegis BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH sebagai institusi penjaminan mutu pendidikan eksternal yang mendorong satuan pendidikan untuk senantiasa melakukan penjaminan mutu secara berkelanjutan (continous improvement) sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan dan Semangat Merdeka Belajar.

Pada tahun 2024, BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH Merancang Instrumen Akreditasi baru yang akan kita gunakan pada pelaksanaan Akreditasi satuan pendidikan tahun 2024 Yang Fokus Pada Aspek Esensial Suatu Pusat Belajar.

Dengan demikian, Pembaharuan Akreditasi Selaras dengan Transpormasi Satuan Pendidikan, agar kembali menjadi PUSAT BELAJAR, Sehingga Peran BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH Bukan hanya Sebagai Pemberi Stempel Status Akreditasi Tetapi Bertugas Memastikan Satuan Pendidikan Itu Aktuntabel Kepada Publik, BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH juga harus menjadi Pemberi Cahaya Penerang untuk menuntun langkah satuan Pendidikan kembali menjadi Pusat Belajar Bagi anak-anak Bangsa.

Terakhir, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis membuka kegiatan tersebut yang sebelumnya menyampaikan, kalau pelaksanaan akreditasi akan mempengaruhi kualitas pendidikan di Palopo. Dengan adanya sosialisasi dan lokakarya dari BAN PDM ini akan sangat membantu satuan kerja pendidik di Palopo menghadapi akreditasi.

"Saya harapkan teman-teman di PAUD dapat mengikuti dengan baik sampai selesai. Kalaupun ada dokumen yang belum lengka dan dibutuhkan dan harus ada tandatangan kepala dinas, silakan cari saya dimana saja, mau di kantor, di rumah, saya siap," sebutnya.

Kita berharap akreditasi yang sudah ada dapat ditingkatkan lagi. Kalau masih B naik jadi A, kalau sudah A semakin dipertahankan. Tentunya, dengan adanya akreditasi PAUD di Palopo ini nantinya akan meningkatkan kualitas pendidikan. (idr)

  • Bagikan