Menuju Pemilihan Wabup Lutim Gunakan Kertas Suara Berisikan Foto dan Nomor Urut Calon

  • Bagikan
Sekertaris Panlih Wakil Bupati Lutim, Aswan Azis

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Pemilihan calon Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur sisa Periode 2021 – 2026 dijadwalkan 6 Maret 2023 mendatang. Adapun sistem pemilihan yang akan dipakai nantinya yakni menggunakan kertas suara yang berisikan foto dan nomor urut calon.

"Jadi pemilihan nanti pakai kertas suara yang ada foto dan nomor urut calon," Ungkap Sekretaris DPRD Luwu Timur yang juga Sekertaris Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati Lutim, Aswan Azis, Selasa 28 Februari 2023.

Pemilihan ini akan dilakukan oleh 30 orang anggota DPRD Luwu Timur kepada dua orang calon yakni Akbar Andi Laluasa dengan nomor urut 1 dan Muhammad Taqwa Mulller dengan nomor urut 2.
"Adapun pemilihnya atau yang memiliki hak suara yakni anggota DPRD Lutim yang jumlah 30 orang," tambah Aswan.

Sementara jumlah personil TNI-Polri yang akan dikerahkan dalam mengamankan pemilihan ini, lanjutnya, belum diketahui.
"Rencanakan besok baru akan dilakukan rapat pengamanan dengan TNI Polri," terang Aswan.

Sekadar diketahui, Penetapan tanggal pemilihan calon wakil bupati tersebut diambil melalui rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kabupaten Luwu Timur yang digelar Senin 27 Februari 2023
Ada beberapa agenda lain yang juga ditetapkan dalam rapat Bamus itu, juga menetapkan jadwal gladi pemilihan yakni 1 Maret 2023. Dan tanggal 2 Maret 2023 simulasi pengamanan pemilihan calon Wakil Bupati yang melibatkan pihak pengamanan.

"Agar situasi pemilihan nanti dapat berjalan aman dan kondusif maka hal ini akan dibicarakan dengan pihak TNI, Polres Lutim dan Satpol PP, ” Kata Aswan Azis .
Selain itu, tambah Aswan, rapat itu juga membahas kesiapan lainnya seperti jumlah surat suara yang akan di cetak, serta persiapan dan penempatan kotak suara dan saksi.

Kemudian, setelah dilakukan pemilihan, selanjutnya akan dilakukan uji publik kepada calon Wakil Bupati Lutim yang terpilih. Dimana uji publik itu dilakukan, adalah untuk memberikan kesempatan kepada warga masyarakat guna menilai dan beri saran dan masukannya terkait hasil Pemilihan Wakil Bupati Lutim tersebut.

Sekadar diketahui, Pemilihan Wakil Bupati Lutim ini untuk adalah mengisi sisa Periode 2021 – 2026 bersama Bupati Luwu Timur, Drs H Budiman MPd. Dan kedua nama calon yang akan dipilih masing masing adalah kader Partai Golkar, yakni Akbar Andi Laluasa yang merupakan pengurus DPP Partai Golkar. Sementara Muhammad Taqwa Muller adalah mantan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari fraksi Golkar asal daerah pemilihan Luwu Raya.

Adapun jumlah pemilih yang akan melakukan pemilihan nanti adalah 30 orang anggota DPRD Lutim. Masing masing, 7 orang dari Golkar, 4 dari Nasdem, 4 dari PAN, 4 dari Gerindra, 3 dari Hanura, 3 dari PDIP, 2 Demokrat, 1 PKS, 1 PKB dan 1 PBB. (akm/idr)

  • Bagikan