Momentum Peringatan 110 Tahun IMT, Dating Palembangan: Sangat Berterima Kasih Kepada AA Van Der Lostrech Membawa Berita Suka Cita

  • Bagikan

Sekjen PMTI, Dating Palembangan SE Ak, MM. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Momentum peringatan 110 tahun Injil Masuk Toraja (IMT) tak lepas dari sosok seorang misionaris Antonie Aris Van Der Lostrech yang datang ke Toraja untuk memberitakan Injil lewat membuka sekolah yang di mulai di Barana selanjutnya ke Sa’dan.

Perjalanan misi AA Van Der Lostrech memerlukan perjalan panjang dari Belanda ke daratan tengah Sulawesi melintasi hutan dan pegunungan kala itu, dengan berjalan kaki yang ditempuh berminggu tanpa suatu keraguan.

Antonie Aris Van Der Lostrech berjalan dalam iman yang diaykininya bahwa Injil Yesus yang akan diberitakan akan selalu Tuhan menyertainya.

Dating Palembangan menuturkan perjalanan misi Antonie Aris Van Der Lostrech bahwa Dalam kurun waktu tiga tahun berada di Toraja telah banyak melahirkan murid baru bahkan meletakkan awal pendidikan yang merubah peradaban Toraya dari keyakinan leluhur kepada percaya Yesus lewat pemberitaan Injil.

"Saya sebagai masyarakat Toraja yang hidup saat ini teristimewa sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perhimpunan Masyarakat Toraja (Sekjen PMTI) tentunya sangat berterima kasih kepada AA Van Der Lostrech yang sudah membawa berita suka cita berupa keselamatan yang mensejahterakan bagi umat manusia yaitu Berita Injil. Mungkin masih ada yang lain tapi yang sangat tertulis dengan tinta emas adalah Van Der Lostrech karena dalam misinya yang baru berapa tahun harus menjadi martir dalam pengajarannya" jelas Dating Pelembangan, Jumat, 10 Maret 2023.

"110 tahun Injil Masuk Toraja adalah suatu momentum kesejarahan bagi Gereja Toraja yang populasinya hampir 95% masyarakat Toraja adalah umatnya suatu angka yang sangat besar. Kalau dihitung jumlah umat Gereja Toraja saat ini sudah berjuta juta" tambah Dating Palembangan yang digadang -gadang bakal calon Bupati Toraja Utara pada Pilkada serentak tahun 2024.

Saat ini Jumlah umat yang sangat besar tersebut adalah jumlah yang sangat potensi memberi kontribusi dalam memajukan bangsa dan negara , khususnya di Toraja.

"Namun kembali ke kita umat Gereja , hendaknya momentum 110 tahun Gereja Toraja kiranya dipenuhi berlimpah hikmat supaya Toraja yang dicita- citakan AA Van Der Lostrech adalah Toraja yang penuh damai dan sejahtera." Pungkasnya.

Diketahui Antonie Aris van de Loosdrecht lahir pada tanggal 21 Maret 1885 dan wafat pada tanggal 26 Juli 1917. Diia adalah seorang tenaga pekabar Injil atau Zendeling pertama yang tiba di Tana Toraja.(albert tinus)

  • Bagikan