Begini Respon Jokowi Usai FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

  • Bagikan
Presiden Jokowi. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Persiapan telah matang untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Hanya saja, Federation Internationale de Football Association (FIFA) secara resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Dikonfirmasi soal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih tak menjawab saat ditanya ketika berkunjung di Gudang Bulog Kabupaten Maros, Kamis, 30 Maret 2023.

Orang nomor satu Indonesia itu tampak berusaha mengabaikan dan langsung meninggalkan lokasi saat doorstop.

Diketahui, tuan rumah baru Piala Dunia U-20 2023 akan segera diumumkan, dengan tanggal penyelenggaraan turnamen masih belum berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga akan diputuskan pada tahap selanjutnya.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," tertulis pada keterangan FIFA dalam situs resmi fifa.com, Rabu, 29 Maret 2023.

FIFA menggarisbawahi, terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Jokowi, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022.

"Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat," lanjut keterangan tersebut.

Untuk diketahui, Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, kemarin.

Pertemuan tersebut dilakukan untuk membicarakan soal permasalahan yang dihadapi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya, Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Namun, jelang penyelenggaraan tersebut terjadi polemik soal keikutsertaan timnas Israel U-20.

Beberapa pihak menolak Timnas Israel bermain di Indonesia, karena tidak memiliki hubungan diplomasi dengan Indonesia.

Sementara tidak sedikit juga pihak yang tidak mempermasalahkan Timnas Israel main di Indonesia, oleh karena Piala Dunia merupakan kegiatan olahraga yang menjadi hajatan FIFA. (fajar/uce)

  • Bagikan