Punya Tingkat Kebencanaan Tinggi, Basarnas akan Dirikan Pos di Makale

  • Bagikan
Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg menerima kunjungan Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Dr Djunaidi, Selasa 4 April 2023, lalu. IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKALE -- Pos Badan SAR Nasional (Basarnas) bakal didirikan di Kabupaten Tana Toraja. Hal ini diketahui usai Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Dr Djunaidi bertemu Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg pada, Selasa (4/4/2023) lalu.


Pertemuan berlangsung di Kantor Bupati Tana Toraja. Zadrak didampingi Kepala BPBD Tana Toraja, Yunus Sirante dan Ketua Komisi I DPRD Tana Toraja, Stepanus Malluangan.


“Toraja pada umumnya memiliki potensi bencana alam yang tinggi karena kontur wilayah pegunungan. Oleh karena itu pendirian kantor SAR dinilai cukup penting,” kata Dr Djunaidi.


Menurutnya pendirian POS Basarnas di Tana Toraja akan dipercepat. Di mana, dalam waktu dekat akan dilakukan pelatihan potensi SAR. Pelatihan kata dia, untuk menyiapkan SDM di Pos Basarnas Tana Toraja jika nantinya sudah resmi terbentuk.


“Setelah Idul Fitri nanti, Basarnas berencana melakukan pelatihan Potensi SAR di Tana Toraja, untuk menyiapkan kebutuhan SDM nantinya jika sudah resmi dibentuk,” ungkapnya.


Sementara, pendirian Pos Basarnas ini disambut baik Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg. Ia menyatakan kesiapan Tana Toraja menghadirkan kantor SAR sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi bencana.


“Tak bisa dipungkiri, Tana Toraja adalah daerah rawan bencana. Rencana dari Basarnas Sulsel ini kita sambut baik dan apresiasi,” kata Zadrak.


Pemkab kata dia, pun telah menyiapkan kantor sementara bagi Basarnas. Lokasinya di bekas kantor Dinas Perpustakaan Tana Toraja di Rantelemo, Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara.
Lokasi ini dinilai strategis karena terletak di wilayah perbatasan antara Tana Toraja dengan Toraja Utara.(int/idr)

  • Bagikan