Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Senator Lily Salurapa Ajak Generasi Muda Peduli dengan NKRI

  • Bagikan
Tampak Senator Lily Amelia Salurapa, SE, MM, saat memberi pemaparan tetang 4 Pilar Kebangsaan di hadapan peserta Sosialisasi Sabtu, 25 Maret 2023 lalu. --FOTO ISTIMEWA--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Anggota DPD RI asal Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa, SE, MM, kembali menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, di Kota Makassar, Sabtu, 25 Maret 2023. Ke-4 Pilar Kebangsaan yang dimaksud adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar RI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Ini sebagai upaya menjaga dan memelihara kerukunan, kedamaian dan persatuan di tengah masyarakat Indonesia yang heterogen.

Lily Amelia Salurapa di hadapan peserta Sosialisasi memaparkan betapa pentingnya kita memberikan dorongan kepada generasi muda kita untuk senantiasa peduli dengan NKRI.
“Jangan biarkan generasi penerus kita tidak peduli lagi dengan NKRI,"ujar Lily Salurapa.

Dia menjelaskan bahwa salah satu sumber kekuatan untuk menggapai cita-cita bangsa Indonesia, ialah jangan biarkan krisis moral semakin menggerogoti kehidupan dan kerukunan kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, jangan biarkan toleransi antar suku dan umat beragama di negara kita ini terkoyak oleh sikap-sikap yang intoleran.
"Mari terus kita sampaikan dan amalkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika kepada semua kalangan masyarakat di republik yang kita cintai ini,"terang dia.

Tanpa NKRI, kata Lily, maka tidak ada lagi persatuan yang menjadi sumber kekuatan bangsa Indonesia. "Oleh karena itu, 4 Pilar tersebut dapat mempersatukan kita semua antar umat beragama, sebagai saudara satu bangsa dalam rumah kita bersama NKRI terutama di Daerah Provinsi Sulawesi Selatan," tandas Senator yang dikenal kritis dan peduli terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara ini.

Srikandi Sulsel ini juga mengingatkan kepada peserta, untuk tidak terpengaruh dengan hoax atau berita bohong selama ini. Pasalnya, kata Lily Salurapa, hoax itu bisa menjadi instrumen adu domba yang dapat merusak persatuan.
"Ia dapat memecah belah persatuan dan kerukunan kita," ucapnya.

Karena itu, Lily Salurapa meminta semua pihak agar bijak dalam berkomunikasi terutama di media sosial.

"Tunjukkan nilai-nilai luhur Pancasila dan prinsip Bhineka Tunggal Ika yang merupakan ciri khas budaya bangsa kita yang bermartabat dan berdaulat," paparnya.

Lily juga menyinggung tentang peran dan perjuangan generasi muda saat ini, yakni menjaga kemerdekaan dan memajukan perdamaian abadi sebagai suatu modal utama dalam membangun bangsa serta mewujudkan kesejahteraan dengan mencontohi semangat para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Senator Lily berharap, Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini menjadi momentum persatuan dalam kehidupan bernegara. Apalagi saat ini, kesadaran terhadap pengamalan Pancasila mulai berkurang. Oleh sebab itu, Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan harus terus digalakkan agar Bangsa Indonesia, semakin mantap dengan persatuan dan kesatuan.

“Di era digitalisasi seperti saat ini, informasi bohong atau Hoax dapat menyebabkan pengaruh negatif. Dengan pembekalan empat pilar kebangsaan kepada seluruh elemen bangsa diharapkan dapat memfilter informasi sehingga masyarakat dapat tetap terjaga dalam kerukunan dan persatuan dalam satu NKRI,” jelas Senator Perempuan yang juga artis penyanyi tahun 80an ini. (man)

  • Bagikan