Figur WTL-Toraja Berpotensi Maju Pilgub Sulsel 2024

  • Bagikan

Mulai dari Militer, Tokoh Adat, hingga Kepala Daerah

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Wija To Luwu (WTL) sangat punya potensi mengusung tokoh daerah sendiri pada pemilihan Gubernur Sulsel 2024, mendatang. Apalagi jika ditambah dengan masyarakat Toraja, maka akan sangat bisa memimpin Sulsel lima tahun ke depan. Persatuan menjadi kunci kemenangan.

Ini juga menjadi jalan mulus bagi terbentuknya Provinsi Tana Luwu ke depan.
Lalu, siapa saja figur-figur tokoh daerah Tana Luwu dan Toraja yang punya kans maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024?
Dari rangkuman sejumlah sumber, Palopo Pos merangkum beberapa nama tokoh WTL dan Toraja. Dimulai dari nama besar Mantan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI (P) Dr Marga Taufiq MH.
Sosok purnawirawan jenderal TNI bintang dua ini sudah dikenal di Indonesia bahkan di luar negeri. Dengan pelbagai prestasi militer yang ia torehkan.

Saat dinas, pernah menjabat sebagai PA Ahli Kasad Tk. III Bidang Sosbud, Hankam dan Narkoba di Mabes TNI Angkatan Darat, kemudian sekarang wakil komandan pusat teritorial TNI AD.

Mayjen Marga Taufik juga pernah Dandim 1403 Sawerigading, asisten teritorial kodam Wirabuana dan komandan Korem Palu, serta komandan Kodim kota besar Makassar. Kemudian pernah jadi Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura.

Bahkan, meski sudah pensiun dari dinas militer, tetapi Mayjen (P) Marga Taufiq masih dipercaya pemerintah sebagai salah satu tenaga ahli Kementerian Pertahanan RI. Ia masih dipercaya membantu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Selanjutnya ada nama, Bupati Luwu Utara dua periode, Hj Indah Putri Indriani atau yang akrab dikenal dengan tagline IDP.
Karir politiknya cukup cemerlang di Sulsel. Selain menjabat bupati, IDP kini juga dipercaya menjabat Ketua Golkar Luwu Utara.

Dimana sebelum menjabat bupati, IDP juga pernah menjabat Wakil Bupati Lutra dan tenag ahli di DPR RI.
Jaringannya luas, ditambah dengan kehadiran suami Muhammad Fauzi sebagai Anggota DPR RI di Senayan, membuat jaringan ke pusat makin terbuka lebar.

Di beberapa media regional Sulsel bahkan memasukkan nama IDP sebagai salah satu figur potensial yang dilirik maju Pilgub Sulsel 2024.
Lalu, ada nama Dr Ilham Arief Sirajuddin, yang juga memiliki darah WTL dan Toraja, apalagi beristrikan WTL, Hj Aliyah Mustika.
Selanjutnya ada nama Ketua Umum Kerukunan Keluarga Luwu Raya (BPP KKLR), H. Arsyad Kasmar.

Sepak terjangnya sudah menasional. Memiliki jaringan usaha nasional, utamanya dalam hal pertambangan, ditandai akan membangun smelter di Sultra tahun ini.
Juga ada nama mantan Bupati Luwu Timur dua periode, Andi Hatta Marakarma, mantan Bupati Luwu dua periode Andi Mudzakkar, dan Bupati Luwu dua periode Dr H Basmin Mattayang.

Tokoh Toraja
Dari tokoh Toraja, yang punya kans maju Pilgub Sulsel, ada nama Annar Salahudin Sampetoding. Ia adalah Ketua Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT) yang juga Puang Sangalla.
Beberapa baliho yang menyebut Annar Salahuddin Sampetoding sebagai calon gubernur Sulsel juga banyak dijumpai disudut jalan di Sulsel.

Juga ada nama Ketua Umum IKAT Nusantara, Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang. Jenderal polisi bintang dua ini dikenal dengan tagline JFK. Pernah menjabat sebagai mantan Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI.

Ketua Umum PMTI, Mayjen TNI (P) Yulius Selvanus Lumbaa. Karirnya di militer juga cemerlang. Pernah menjabat sebagai Kepala BIN Kepri, Satfsus Kasad, Komandan Korem 181/Praja Vira Tama, dan Kabainstrahan Kemenhan.

Dikatakan pengusaha WTL yang berkiprah di Makassar, Ir Jamaluddin Nawir, figur dari Luwu Raya tidak boleh absen pada Pilgub Sulsel minimal sebagai calon wakil gubernur yang akan dihelat dua tahun lagi.
Dia menegaskan Wija To Luwu selalu hadir dalam kancah perpolitikan Sulsel. Dari tiga edisi Pilgub Sulsel, tokoh dari Luwu Raya memang selalu hadir sebagai peserta. Sebut saja, dua kahar bersaudara yakni Azis Kahar Muzakkar dan Andi Mudzakkar. Nama lainnya adalah Prof Dr Mansyur Ramly.

Maka dari itu, Jamal selaku pengusaha mengaku siap membantu jika ada figur dari Luwu Raya yang bertarung sebagai Calon Gubernur maupun Calon Wakil Gubernur.
“Kita harus dukung sebagai sesama wija to luwu. Kita mendorong figur, agar pembangunan di Luwu Raya juga mendapat perhatian,” tandas Jamal. (idr)

Figur WTL-Toraja Potensi Maju Pilgub Sulsel 2024

  • Mantan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI (P) Dr Marga Taufiq MH
  • Bupati Luwu Utara dua periode, Hj Indah Putri Indriani (IDP)
  • Politisi senior Sulsel, Dr Ilham Arief Sirajuddin
  • Ketua Umum BPP KKLR, H. Arsyad Kasmar
  • Mantan Bupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma
  • Mantan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar
  • Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang
  • Ketua Umum DEIT (Puang Sangalla), Annar Salahudin Sampetoding
  • Ketua Umum IKAT Nusantara, Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang
  • Ketua Umum PMTI, Mayjen TNI (P) Yulius Selvanus Lumbaa
  • Bagikan