Ini Sosok Castellanos yang Borong 4 Gol Saat Lawan Madrid

  • Bagikan
Penyerang Girona Valentin Castellanos merayakan golnya ke gawang Real Madrid di laga pekan ke-31 La Liga 2022/2023 di Montilivi, Rabu (26/04/2023) dini hari WIB. (c) AP Photo/Joan Monfort

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SPANYOL-- Luar biasa penyerang Girona Valentin Castellanos. Ia berhasil membobol gawang tim raksasa Spanyol Real Madrid. Yah, Madrid harus menerima fakta bahwa gawang mereka dibobol empat kali oleh tim sekelas Girona, Rabu, 26 April 2023 Wita oleh satu pemain yang sama, Valentin Castellanos.

Yah, Castellanos menjadi mimpi buruk bagi Madrid saat bertandang ke Estadio Montilivi. Madrid menyudahi laga pekan ke-31 Liga Spanyol 2022/2023 dengan kekalahan 2-4.

Pencapaian penyerang berusia 24 tahun itu terbilang langka. Pasalnya, tidak mudah mencetak empat gol ke gawang Los Blancos dalam satu pertandingan.

Pasalnya, terakhir kali seorang pemain dapat mencetak quattrick ketika begitu Madrid terjadi pada 76 tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 1947.

Berikut ini daftar pemain yang pernah mencetak empat gol ke gawang Madrid~

Timnas Brasil Tunggu Jawaban Carlo Ancelotti Hingga 25 Mei

Marti Ventolra (Barcelona) - 1935
Madrid beberapa kali pernah dibantai telak oleh rivalnya, Barcelona. Salah satu yang historis terjadi pada tahun 1935.

Madrid ketika itu harus menyerah 0-5 dari Barcelona. Laga ini bersejarah bukan hanya karena skot telak itu, tetapi pencapaian individu pemain.

Empat dari lima gol Barcelona kala itu diciptakan oleh seorang pemain. Ia adalah Marti Ventolra. Pencapaian yang tidak bisa disamai oleh legenda Barcelona lain seperti Lionel Messi, Romario, dan Johan Cruyff.

Vicente Martinez Catala (Espanyol) - 1940
Madrid juga pernah dikandaskan oleh tim kota Catalan yang lain, Espanyol. Salah satu kekalahan memalukan Madrid terjadi pada 1940.

Madrid yang bertandang ke markas Espanyol kala itu sudah tertinggal empat gol dalam tempo 60 menit. Vincent Martinez Catala jadi momok karena mencetak tiga gol dan satu assist.

Madrid sempat membalas dua gol, tetapi Espanyol kembali menjauh berkat gol keempat yang dicetak Catala. Dua gol tambahan dicetak Madrid, tetapi tidak bisa menghindarkan kekalahan 4-5 atas Espanyol.

Emilin (Real Oviedo) - 1944
Madrid pernah membuka awal musim Liga Spanyol dengan sangat buruk. Momen itu terjadi saat Madrid dibekuk 0-4 oleh Real Oviedo pada musim 1944.

Oviedo berterima kasih kepada pemain sayapnya, Emilin yang bisa mewujudkan hal tersebut. Emilin mencetak hattrick dalam tempo 20 menit saja.

Gol keempatnya dilesakkan dengan cara yang spektakuler pada babak kedua. Emilih mencetak gol langsung dari sepak pojok.

Esteban Echevarria (Real Oviedo) - 1947

Esteban Echevarria punya rekam jejak yang istimewa saat bertemu Real Madrid. Dia jadi pemain terakhir yang mencetak empat gol ke gawang Madrid di abad ke-20, sekaligus jadi pemain yang mampu ciptakan lima gol ke gawang Madrid.

Momen itu terjadi pada tahun 1947. Oviedo meraih kemenangan telak 7-1 atas Madrid. Lima di antaranya disarangkan oleh Echevarria.

Sebagai informasi, Echevarria di musim sebelumnya mencetak 14 gol dalam delapan laga, tercepat sepanjang sejarah La Liga. Namun, rekornya dipatahkan Cristiano Ronaldo pada 2014 lalu.

Valentin Castellanos (Girona) - 2023
Setelah sekian lama tidak ada lagi yang mencetak empat gol ke gawang Madrid, Valentin Castellanos akhirnya menghadirkan mimpi buruk itu lagi.

Castellanos menjadi sosok penting dalam kemenangan 4-2 Girona atas Madrid. Seluruh gol Girona dicetak oleh pemain yang dipinjam dari New York City FC.

Penyerang berusia 24 tahun itu mencatatkan empat gol dari total lima tendangan tepat sasaran. (bl/pp)

  • Bagikan