Tak Safety, Hati-hati Rawat Inap di RSUD Sawerigading

  • Bagikan

* Sering Masuk Ular Berbisa, Selalu Banjir, dan Rawan Pencurian

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOBULUNG--
Seringnya ular berbisa masuk ruang perawatan RSUD Sawerigading Palopo, menjadi warning atau peringatan bagi masyarakat karena tak safety.

Bagi yang ingin rawat inap pada RS milik Pemkot Palopo ini, harus berhati-hati. Itu lantaran rumah sakit yang terletak di Kel. Buntu Datu ini, sering masuk ular berbisa. Dalam beberapa bulan terakhir, sudah lima kali ditemukan ular berbisa di pelataran maupun dalam ruang perawatan.

''Tak hanya itu, RSUD ini juga selalu banjir. Dan rawan pencurian. Kejadian-kejadian tersebut selalu berulang,'' ungkap Aktivis LSM Palopo, Zainal A Said kepada Palopo Pos saat dimintai tanggapannya, Kamis, 27 April 2023 kemarin.

Ia juga mengatakan, sudah saatnya pengamanan rumah sakit dievaluasi atas kejadian pencurian. Karena yang mencuri itu, pasti orang dalam atau pembesuk atau penjaga pasien. Maka regulasi terhadap pengaman dalam RSUD Sawerigading harus di perketat.

''Ini harus disikapi oleh pihak Direktur RSUD. Dan pihak RSUD yang harus pertanggungjawabkan terhadap apa yang terjadi di rumah sakit,'' tandasnya.

Kejadian terkini, ular hitam berbisa sepanjang 1,4 meter masuk di kamar pasien RSUD Sawerigading Palopo yang kosong, Selasa, 25 April 2023 malam. Ular tersebut berhasil dibunuh warga dan pengunjung.

Pada 11 April 2023 lalu, ular jenis yang sama juga ditemukan di rumah imam masjid kompleks RSUD. Ular tersebut berhasil dievakuasi oleh Tim Rescue Damkar Palopo.

Sebelumnya, pelataran RSUD Sawerigading juga beberapa kali dilanda banjir dalam kurun tahun 2021-2022. Hal tersebut kerap membuat pasien panik. Beberapa kali juga terjadi aksi pencurian dan sampai sekarang, pelakunya belum ditangkap.

Plt. Dirut RSUD Sawerigading Palopo, Irsan Anugrah SKM MKes sebagaimana dikutip laman Seruya, Kamis kemarin, membenarkan ada kejadian ular masuk di RSUD yang dipimpinnya. Tapi menurutnya, ular tersebut masuk di ruangan kosong, tepatnya di Ruangan Flamboyan lantai satu. Bukan di kamar pasien.

Irsan juga menegaskan, bagi keluarga pasien dan terkhusus pasien yang saat ini tengah rawat inap di RSUD Sawerigading Palopo, tidak perlu panik. Ular tersebut tidak masuk ke dalam ruangan rawat inap pasien. (rul)

  • Bagikan