Catatan HMD Jelang Mubes dan Halal Bihalal IKA UMPalopo

  • Bagikan
  • Wujudkan Pembangunan Gedung UKM, Kembangkan Kampus Kelas Belopa, hingga Soal AD/RT

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BINTURU-- Ikatan Alumni (IKA) STIEM/Universitas Muhammadiyah Palopo (UMPalopo) mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) di Muhammadiyah Convention Center (MCC) Palopo, Km. 3 Binturu, Palopo, pada Ahad, 30 April 2013 siang.

Dilanjutkan dengan Halal Bihalal IkA UMPalopo pada Ahad malam, di tempat yang sama.

Menjelang kegiatan tersebut, Ketua IKA STIEM/UMPalopo dua periode, Dr H Husmaruddin SE MM, menyampaikan sejumlah catatan penting bagi alumni UMPalopo.

Kepada Palopo Pos, Sabtu, 29 April 2023, HMD menyampaikan sejumlah catatan.

Yang pertama, terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua alumni yang telah menyumbang, berpartisipasi, tenaga pikiran, dan bantuan dana untuk membantu pengembangan kampus, termasuk membangun Gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sudah dicor lantai dua. Bagian lantai satu sudah dimanfaatkan secara maksimal dengan amahasiswa dengan berbagai kegiatan himpunan/jurusan, organisasi kampus, dan ekstra kampus.

Biaya pembanguan Gedung UKM tersebut di atas Rp1 miliar yang merupakan sumbangan alumni.

"Terima kasih atas segala partisipasinya. Dan begitupun dengan bantuan tenaga, pikiran, dalam memperbanyak mahasiswa di kampus. Diharapkan untuk solid bersatu membantu pengembangan kampus," jelasnya.

Catatan kedua, untuk Rektorat dan kampus. HMD selaku Ketua IKA berharap agar pengembangan kampus UMPalopo kelas Belopa Kab. Luwu yang dirintis lebih sepuluh tahun lalu, dan telah menelorkan alumni yang kuliah di Ruko milik HMD, kemudian kuliah di SMK.

"Kita sudah berhasil membuat satu tempat dengan bantuan Pemda melalui aspirasi kami, sudah ada gedung SD dan SMP. Tapi sayang sampai hari ini ada masalah sehingga bantuan untuk pengembangan dan bantuan APBD provinsi, terhambat untuk masuk," jelasnya.

Harapan HMD ke pihak kampus agar ini diselesaikan, membantu Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Luwu untuk mengembangkan amal usaha sebagai laboratorium dan bantuan kampus sangat dibutuhkan untuk itu.

"Kita sama-sama bersinergi memanfaatkan sumber daya yang kita miliki sehingga kampus yang sudah lama kita rintis itu, bisa hidup kembali di Kab. Luwu, Belopa," terang HMD yang juga anggota DPRD Sulsel dua periode.

"Harapan kita, mari kita bergandengan tangan, bersinergi alumni dan pihak kampus untuk mengembangkan kampus dan membantu amal usaha Muhammadiyah yang ada di Tana Luwu, terutama di Luwu sebagai kabupaten induk," katanya lagi.

Catatan ketiga, kaitannya dengan
Reuni IKA UMPalopo sekaligus halal bihalal, dan direncanakan Mubes dalam rangka memperbaharui pengurus IKA. Mudah-mudahan lebih efektif bekerja sama ke depan, atas perhatian kampus, civitas akademik, dan alumni.

Harus diakui, IKA telah bekerja maksimal. Cuma ada kendala teknis karena pengurus IKA, sekretarisnya tidak ada di Palopo sehingga roda organisasi kadang terhambat.

Olehnya itu, HMD berharap pengurus IKA ke depan, ketuanya boleh berdomisili diluar Palopo. Dan kalau bisa mengambil tokoh yang sudah berkiprah di tingkat nasional atau provinsi yang jadi ketua. Tapi sekretaris IKA, baiknya ada di kampus atau setidaknya berdomisili di Palopo supaya roda organisasi berjalan dengan baik

Termasuk kelemahan IKA yang lalu, tidak memiliki AD/ART yang paten. Sehingga pengelolaan data pengurus dan data alumni tidak berjalan dengan baik.

Diharapkan, pengurus IKA ke depan sudah terbenahi karena teman-teman panitia sudah menyiapkan AD/ART dan petunjuk organisasi supaya diisi dan dikendalikan oleh orang-orang yang tulus dan mau mengabdikan diri dan seluruh kapasitasnya untuk pengembangan kampus melalui IKA l.

Juga diharapkan agar pihak kampus melalui Rektorat, terutama wakil rektor yang membidangi alumni, betul-betul menjalin kerja sama yang baik sehingga bisa bersinergi ke depan, mengantarkan kampus lebih maju lebih unggul sesuai visi misi IKA.

Untuk diketahui, Pemgurus Pusat iKA STIEM/UMP telah membentuk Pengurus Cabang masing-masing Ketua IKA Cabang Palopo, Ikhwan Ibrahim, Ketua IKA Cabang Luwu Arifin Nibebisalira, Ketua Cabang Lutra Ikbal, Ketua Cabang Lutim H Baharuddin.

"Prodi yang kami sudah lantik pengurusnya yakni iKA Prodi Akuntansi, Ketuanya Sumarno. Semoga Prodi yang lain mencontohi, " tandas HMD. (ikh)



  • Bagikan