Puncak HUT Dekranasda ke-43 di Medan, Dekranasda Torut Pamerkan Kain Tenun, Kain Sarita dan Busana Moderen Khas Toraja

  • Bagikan

Damayanti Batti S.IP , MA ,Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Toraja Utara. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Toraja Utara yang ikut dalam rombongan bersama Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatanmemamerkan produk unggulan seperti kain tenun, kain sarita dan busana modern khas Toraja pada puncak perayaan hari ulang tahun Dekranasda yang ke 43 yang berlangsung di di Hotel Santika Kota Medan Sumatera Utara,Selasa, 16 Mei 2023.

Perigatan HUT Dekranasda tersebut dibuka oleh Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan ibu Hj. Wury Maruf Amin dan dihadiri oleh pengurus Dekranasda dari seluruh Provinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Melalui HUT Dekranasda ini ,Dekranas berupaya menjaga warisan tradisi dan budaya bangsa dengan melakukan pembinaan kepada para perajin, dan regenerasi perajin lokal serta penumbuhan wirausaha baru dengan mengangkat Tema "wirausaha baru tercipta, perajin berjaya".

Damayanti Batti S.IP , MA selaku Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Toraja Utara yang hadir dalam HUT Dekranas ke 43 tersebut menyampaikan bahwa Dekranasda Kabupaten Toraja Utara akan berupaya untuk melakukan berbagai pelatihan, pendampingan dan pemasaran produk-poduk unggulan perajin Toraja Utara.

"kita sebagai orang Toraja harus bangga , mencintaindan memelihara Kain Toraja , seperti dalam kesempatan ini kami beserta seluruh kontingen Sulsel mengenakan kain SARITA produksi UKM Toraja Utara" Ungkap Wakil Ketua Dekranasda Torut yang juga Bacaleg DPR RI dapil 3 Sulawesi Selatan.

"saya mengharapakan melalui pameran ini produk kain Toraja lebih dikenal secara Nasional dan meningkatkan ekonomi serta kreatifitas pengrajinnya” Tambahnya

Dekranasda Toraja Utara juga memamerkan produk unggulan seperti kain tenun, sarita dan busana yang dikombinasi dengan tenun dan sarita dengan desain otentik , modern dan kualitas dunia dimana ke Promosi ke Medan Sumatra Utara ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan meningkatkan kualitas serta daya saing kerajinan UKM Toraja Utara yang berbasis kearifan lokal.
Di tempat yang sama Damayanti Batti yang juga merupakan Wakil Ketua TP PKK Toraja Utara berkesempatan menghadiri Hari Kesatuan Gerak PKK ke 51 di Hotel Santika Kota Medan. Tema HKG PKK 2023 : "Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh wujudkan Indonesia tumbuh"

Dalam HKG PKK tersebut mengingatkan kembali kepada seluruh kader PKK Toraja Utara untuk mempedomani
10 program PKK yaitu :

  • Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
  • Gotong Royong
  • Pangan
  • Sandang
  • Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
  • Pendidikan dan Ketrampilan
  • Kesehatan
  • Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  • Kelestarian Lingkungan Hidup
  • Perencanaan Sehat

Sedangkan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan agar kader PKK tetap semangat menjalankan tugas mulia ini. PKK adalah ujung tombak yang selalu bergerak untuk berdampak demi kesejahteraan keluarga Indonesia. Diperlukan peran aktif masyarakat dalam mendukung program- program PKK.(albert tinus)

  • Bagikan