Mengenal Lebih Dekat Sosok Bayu, Dosen Muda, Calon Doktor Sekaligus Penulis Buku Ekonomi Sirkular dan Pembangunan Berkelanjutan

  • Bagikan

Bayu, SE, M.M. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Kota Palopo atau Kota yang dijuluki dengan sebutan Kota Idaman ini, sepertinya tidak akan kehabisan stok pemuda yang cerdas dan siap bersaing dimasa mendatang sebagai generasi penerus.

Seperti salah seorang sosok pemuda satu ini. Dia adalah Bayu, warga Kota Palopo kelahiran Kota Palopo 05 Desember 1990. Di usianya yang baru 33 tahun ini, dia sudah bergelar S2 (Master Manajemen).

Selain telah mengajar disalah satu kampus yang ada di Maluku, ia juga diketahui gemar menulis buku. Dan salah satu dari empat judul bukil hasil karyanya itu, berjudul " Ekonomi Sirkular dan Pembangunan Berkelanjutan".

Untuk mengenal lebih dekat Bayu SE., MM dan kariernya, berikut data yang diperoleh Palopo Pos.

Bayu SE., MM atau akrab dipanggil Bayu ini, mulai meniti karier pada tahun 2021 sebagai sebagai dosen tetap di salah satu kampus perguruan tinggi swasta di Maluku.

Berjalan tiga bukan sebagai dosen manajemen di kampus tersebut, Bayu kemudian diangkat menjadi wakil ketua 3 Bidang Kemahasiswaan dan Humas STIE Umel. Tidak hanya itu, ia juga diikutsertakan sebagai bagian dari tim penyusunan penggabungan universitas. Selanjutnya, setelah kampus yang ia tempati pertamakali meniti karier itu di usia enam bukan menjadi universitas, ia kembali diberikan amanah menjadi wakil Dekan 1 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Doktor Husni Ingratubun.

Berikutnya ditahun 2022, Bayu jadi Dosen Luar Biasa di Institut Sains dan Teknologi Muhammadiyah Tarakan dan STIA Puangrimagallatung Bone.

Disaat kariernya terus membaik dan tentu jam kerja cukup padat, saat punya waktu luang ia menulis buku. Dan buku yang berhasil ia tulis pertama itu, ialah book chapter berjudul Ekonomi Sirkular dan Pembangunan Berkelanjutan. Tentunya keberhasilan menulis dan terbitnya buku ini, diakui tak lepas dari kolaborasi dengan beberapa kampus ternama di Indonesia.

Selanjutnya yang ia juga pernah jalani swbagai dosen, yakni pada 2021 lalu, ia lolos sebagai dosen pendamping lapangan Kampus, mengajar angkatan 4 tahun 2022 Kemendikbudristek dan mendampingi mahasiswa dari 3 kampus.

Ia juga lolos sebagai dosen pendamping mahasiswa bantuan dana wirausaha LLDIKTI XII Maluku dan Maluku Utara 2022. Kemudian sebagai dosen pendamping pertukaran mahasiswa merdeka 2 2022 Kemendikbudristek dengan kampus tujuan UPVN Jakarta.

Pada tahun 2021, Bayu SE., MM juga rutin melaksanakan kegiatan tridharma Perguruan Tinggi yaitu sebagai Pemateri Seminar Kewirausahaan " Meningkatkan Omset Hasil Pertanian di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku"

Pemuda yang penuh dengan mimpi ingin lebih baik lagi dan dapat berguna bagi orang banyak ini, sepertinya belum merasa cukup dengan ilmu dan gelar S2 yang disangdang saat ini. Sehingga 2023 ini, ia kembali izin belajar melanjutkan S3 atau gelar Doktor Ilmu Ekonomi disalah satu kampus ternama di Indonesia.

Untuk empat karya ilmiah ( buku) yang ditulis Bayu SE., MM itu, diantaranya sebagai berikut;

  • Ekonomi Sirkular dan Pembangunan Berkelanjutan (2022)
  • Akuntansi Forensik (2023)
  • Tren Bisnis Digital (Optimasi Dan Optimalisasi usaha Berbasis Digitalisasi) (2023)

*Transformasi Digital Marketing 5.0

Selain buku, ada juga jurnal ilmiah yang diantaranya;

  • SELECTION OF MARKETING STRATEGIES THROUGH ONLINE MARKETING PLATFORMS FOR MSMES (2023)
  • PENINGKATAN OMSET HASIL TANI: STRATEGI PEMASARAN DAN PENGOLAHAN PISANG MENJADI KERIPIK DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI OHOI MAAR KABUPATEN MALUKU TENGGARA (2022)

*PELAKSANAAN AKAD BAI` BITSAMAN AJIL DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (STUDY KASUS BMT SIDOGIRI (2021). (riawan junaid)

  • Bagikan