Kasnar Shemba Dikukuhkan Sebagai Tomakaka Sanda Barana

  • Bagikan
TOMAKAKA. Matua adat ketika mengukuhkan Kasnar Shemba SE MSi, sebagai Tomakaka Sanda Barana, dengan memakaikan passapu (mahkota) ke kepala Kasnar Shemba, di Sangtandung, Minggu, 4 Juni 2023.

*Dihadiri Tiga Matua Wilayah Adat Ka Tomakakaan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID SANGTANGDUNG -- Kasnar Shemba SE MSi, akhirnya dikukuhkan sebagai Tomakaka Sanda Barana (Sangtandung), Minggu, 4 Juni 2023.

Tiga Matua dalam wilayah adat Katomakakaan Sanda Barana, hadir langsung dalam pengukuhan tersebut.

Dalam acara yang disebut Ma'patongko (pengukuhan) Tomakaka, Kasnar Shemba dikukuhkan tiga Matua, yakni Matua Lempan Jamal, Matua Dengen Baktiar, dan Matua Rantepao, Syukur.

Acara sakral itu dihadiri segenap keluarga dan masyarakat setempat maupun yang berdomisili diluar wilayah adat seperti dari Luwu Timur (Lutim), Luwu Utara (Lutta), Toraja, Kota Palopo dan Makassar.

Matua Lempan, Jamal, usai pengukuhan mengatakan, acara Ma'patongko adalah sebuah acara yang dilakukan untuk mengukuhkan Tomakaka yang sudah disepakati keluarga dan masyarakat, bersama para Matua yang selanjutnya oleh Matua ditindaklanjuti dalam bentuk pengukuhan (Ma'patongko).

Jamal menjelaskan, ada sinopsis diatas yang diucapkan Matua saat Ma'patongko.

"Artinya Passapu atau Mahkota di pasang dikepala orang yang dikukuhkan sehingga setelah dipatongko maka sudah dianggap sah karena yang mempunyai hak dan wewenang untuk mengukuhkan seorang Tomakaka adalah Matua yang ada didalam wilayah adat Katomakakaan tersebut, bukan siapa siapa," tegas Jamal, Selasa, 6 Juni 2023.

Sebelum disepakati Kasnar Shemba sebagai Tomakaka, sambung Jamal, terlebih dulu digelar musyawarah bersama para Matua.

"Dan disepakati Kasnar Shemba sebagai Tomakaka Sanda Barana (Sangtandung). Sehingga digelar acara Ma'patongko dan Alhamdulilah acara berjalan dengan lancar dan khidmat," bebernya.

Sementara itu, Kasnar Shemba, yang diwawancarai mengatakan, dirinya hanya mengikuti apa yang telah disepakati Matua adat.

"Alhamdulillah, keluarga adat mempercayakan Tomakaka Sanda Barana kepada saya. Insya Allah amanah dan gelar jabatan ini semoga bisa saya emban dengan baik," ucap Kasnar Shemba, mengamini.(kahar iting)

  • Bagikan