Hari Ini, Dinsos Salurkan Beras CPP ke 9 Kecamatan

  • Bagikan
ILUSTRASI

Untuk Rastra 5 Bulan Belum Disalurkan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Sudah lima bulan beras sejahtera (Rastra) dari APBD 2023 belum disalurkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo. Keterlambatan realisasi Rastra ini ke masyarakat membuat kalangan masyarakat mempertanyakan hal tersebut.
Salah seorang warga penerima Rastra, Raodah kepada Palopo Pos, Kamis 8 Juni 2022 mengeluhkan Rastra belum kunjung dibagi, padahal sudah bulan Juni.

''Biasanya dibagi di bulan April, atau paling lambat Mei. Tapi ini sudah bulan Juni belum juga dibagi,'' ujar penjual campuran ini kemarin.
Senada dengan itu, Masna, yang juga penerima Rastra Daerah mengungkapkan sejak harga beras naik berikut harga bahan pokok (Bapok) juga terus melonjak naik, dirinya yang sehari-hari hanya berjualan sayur di rumahnya semakin sulit mencukupi kebutuhannya.

''Pembeli sepi nak, itu pun kalau ada hanya sedikit. Untuk itu, kami menunggu pembagian Rastra, semoga cepat disalurkan,'' sebutnya.
Sementara itu, Dani salah seorang pengojek yang juga penerima Rastra berharap agar pemerintah cepat menyalurkannya agar kebutuhan beras mereka cepat terpenuhi.

''Pendapatan saya sebagai tukang ojek semakin hari semakin sedikit. Sudah banyak saingan diluar, kadang saya tak dapat apa-apa. Sedangkan anak dan istri saya butuh makan. Saya harap Rastra segera dibagi,'' harapnya bapak tiga anak ini kemarin.

Kepala Dinas Sosial Kota Palopo melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Makmur mengatakan penyaluran Rastra Daerah untuk tahun 2023 ini masih menunggu Anggaran Perubahan tahun ini. Pasalnya, ada perubahan harga di Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA).
''Penyaluran Rastra Daerah belum diketahui kapan, dikarenakan ada perubahan harga yang tercantum di DPA. Jadi ditunggu SK perubahannya baru dijalankan dokumen untuk kelengkapannya,'' ungkap Makmur.

Selain itu, Makmur menjelaskan, tahun ini anggaran untuk Rastra Daerah memang mengalami penurunan yang cukup drastis, tapi menurutnya tidak menutup kemungkinan anggarannya akan ditambah pada APBD perubahan nantinya.
Anggaran Rastra Daerah tahun 2022 sebesar Rp1.596.000.000, namun di tahun 2023 ini berkurang menjadi Rp600 Juta.

''Kami akui memang anggaran Rastra berkurang untuk tahun ini, tapi kami berharap akan ditambah pada APBD Perubahan nantinya,'' sebutnya.
Berkurangnya anggaran Rastra Daerah, maka jumlah penerima juga pastinya akan dikurangi.
''Anggaran berkurang, maka jumlah penerima juga akan berkurang disesuaikan dengan anggaran yang ada,'' jelasnya.

SALURKAN BERAS CPP
Sementara itu, Jumat 9 Juni 2023, Dinas Sosial akan menyalurkan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari Kementerian Pangan RI di 48 kelurahan dan 9 kecamatan se Kota Palopo.

Makmur menjelaskan, sebanyak 11.681 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapatkan beras CPP yang setiap KPM akan menerima 10 Kg.
''Penyaluran beras CPP ini sudah tahap kedua. Tahap pertama saat bulan Maret 2023 lalu, semoga masyarakat yang menunggu Rastra bisa lega karena menerima beras CPP ini,'' sebutnya.

Adapun jadwal penyalurannya yakni dimulai Jumat 9 Juni 2023 di Kecamatan Wara Utara sebanyak 1.412 KPM di 6 kelurahan dan Kecamatan Bara sebanyak 1.692 KPM di 5 kelurahan.

Hari kedua penyaluran Senin 12 Juni 2023 di Kecamatan Mungkajang di 4 kelurahan sebanyak 704 KPM dan Wara Barat di 5 kelurahan sebanyak 1.064 KPM.
Untuk hari ketiga, Selasa 13 Juni 2023 di Kecamatan Wara Timur di 7 kelurahan sebanyak 2.236 KPM dan Wara Selatan di 4 kelurahan sebanyak 654 KPM.

Untuk Rabu 14 Juni 2023, disalurkan ke Kecamatan Wara di 6 kelurahan sebanyak 1.062 KPM dan Kecamatan Sendana di 4 kelurahan sebanyak 730 KPM. (rhm-idr)

  • Bagikan