Fotografer Palopo Pos Hadiri PLN Journalist Award 2023 Bersama GM PLN Sulseltrabar di Jakarta

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MAKASSAR -- Fotografer Koran Palopo Pos, Idris Prasetiawan menjadi salah satu nominator juara dalam penganugerahan PLN Journalist Award 2023 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Selasa 20 Juni 2023.

Di sela-sela keberangkatan menuju Jakarta di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, turut ikut juga
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat yang baru Mochammad Andy Adchaminoerdin.

Setelah perkenalan diri, ceritapun berlanjut tentang karir selama bekerja di PLN.

Ternyata GM PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat yang baru Mochammad Andy Adchaminoerdin pernah bertugas di PLN Ranting Palopo tahun 2000-2001.

Selama dua tahun di Palopo, Pak Andy bercerita jika waktu itu awal mula pemekaran Kota Palopo dari Kabupaten Luwu sebagai Kabupaten Induk.

Waktu itu, ia sebagai perintis pembuka PLN Ranting Palopo yang kini menjadi Kantor PLN Rayon Palopo.

"Saat itu, sistem kelistrikan masih parah. Sering padam," ungkapnya sambil meneguk kopi di salah satu cafe di lantai 2 Bandara Sultan Hasanuddin.

Sebagai perintis di Tana Luwu, ia tentunya harus membangun jaringan, kerap harus ke pelbagai pelosok daerah. Seperti ke wilayah Bastem.

"Pernah waktu itu saya ke Bastem. Kami naik hardtop, saya selalu minta duduk di depan bagian hidung mobil. Kenapa? Kalau tiba-tiba mobil terbalik, jadi spontan langsung loncat. Waktu itu jalanan masih berlumpur," sebutnya.

Selain itu, ia juga pernah membawa mesin pembangkit ke daerah utara. Saking beratnya mesin itu, ia harus menyewa dua perahu 'Katinting' yang didempetkan untuk membawa mesin tersebut.

Di akhir pembicaraan sebelum masuk ke dalam pesawat Garuda Indonesia, ia juga bercerita saat itu awal mula ia menikah. Di Palopo pula almarhum anak pertamanya dimakamkan. "Tugas ke Palopo itu awal baru menikah saya. Anak pertama saya yang almarhum dimakamkan di sana," kuncinya.

Sebagai informasi untuk penghargaan PLN Journalist Award ini adalah event tahunan PLN pusat untuk insan pers se Indonesia.

Tahun 2023 ini, mengangkat tema "Energi Bersih untuk Lingkungan". Dimana fotografer Palopo Pos masuk dalam salah satu nominasi juara dengan karya Listrik Bersih PLTS Bangli untuk warga yang direkam tahun 2022, lalu, saat menghadiri event kegiatan penganugerahan BPJS Kesehatan Award 2022 di Ubud, Bali.(idr)

  • Bagikan