Perkuat Koordinasi TIMPORA, Kantor Imigrasi Palopo Gelar Rapat TIMPORA di Luwu Timur

  • Bagikan

Malili – Selasa, 20 Juni 2023, Luwu Timur yang merupakan salah satu wilayah kerja dari Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo menjadi lokasi untuk menggelar Rapat penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Kabupaten. Giat rutin ini diselenggarakan guna mengkokohkan pondasi serta komunikasi antar anggota TIMPORA khususnya di Kabupaten Luwu Timur.

Bertempat di Aula Wisma Golden House, Malili, kegiatan rapat penguatan yang bertemakan “Sinergitas Tim Pengawasan Orang Asing dalam Upaya Penegakan Hukum dan Keamanan untuk Menjaga Tegaknya Kedaulatan Negara” dihadiri sejumlah instansi terkait yang merupakan anggota dari TIMPORA.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Luwu Timur, Guntur Hafid, S.Pd.,M.Si., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa TIMPORA merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan sinergitas antar instansi terkait pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Luwu Timur. Sinergitas akan tercapai jika setiap instansi-instansi pemerintahan terkait pengawasan Orang Asing aktif berperan dalam kegiatan pengawasan Orang Asing, sesuai dengan tugas dan fungsi dari masing-masing instansi, serta aktif berupaya meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dalam berbagai kegiatan di lapangan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan narasumber yakni Kepala Subseksi TI, Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Palopo, Yulius Lilingan, beliau memamparkan pentingnya sinergitas antar instansi-instansi terkait dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing. Beliau menambahkan bahwa setiap anggota TIMPORA memiliki tugas memberikan saran dan pertimbangan kepada Kantor Imigrasi, mengenai hal yang berkaitan dengan pengawasan Orang Asing yang berada di wilayah kerjanya dan diharapkan dapat segera melaporkan kepada penanggungjawab TIMPORA Kabupaten Luwu Timur dalam hal ini Kantor Imigrasi Palopo jika ditemukan keberadaan dan kegiatan Orang Asing yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

Kegiatan Rapat Koordinasi TIMPORA Tingkat Kabupaten Luwu Timur berjalan dengan aman dan lancar. Dan dengan adanya Rapat TIMPORA ini diharapkan memudahkan instansi-intsansi terkait untuk berkolaborasi terkait informasi pengawasan Orang Asing, karena pengawasan Orang Asing bukan hanya tugas Imigrasi semata, namun merupakan tugas dari semua instansi demi menjaga tegaknya kedaulatan negara.(rls/ary)

  • Bagikan