Bupati Lutim Ekspose Kerusakan Embung dan Intake Sungai Labongko di KemenPUPR

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, MALILI--Bupati Luwu Timur (Lutim), H Budiman, melakukan kunjungan kerja audance dan eksposes atas kerusakan embung/bendung di Sungai Labongko Desa Cendana Kecamatan Burau, Lutim.

Embung/bendung yang merupakan asset pemerintah pusat ini adalah tempat terpasangnya intake air baku, sebagai sumber air baku untuk IPA IKK Burau Perumdam Waemami Luwu Timur.

Embung/bendung dan Intake ini mengalami kerusakan berat dan hancur akibat diterjang banjir besar pada tanggal 9 Januari 2023 yang lalu menyebabkan pelayanan distribusi air bersih di Kecamatan Burau dari pihak perumdam waemami terhenti selama kurang lebih satu bulan.

Memperhatikan kejadian dan kondisi tersebut, Bupati dan juga selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perumdam Waemami memerintahkan kepada Direktur Perumdam Waemami untuk segera melakukan langkah penanganan bersifat darurat dan sementara untuk mengatasi krisis penanganan pelayanan distribusi air bersih di kecamatan burau, sembari melaporkan kejadian ini ke Kepala Balai dan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Mengingat persoalan air bersih adalah merupakan kebutuhan dasar masyarakat, maka tidak tanggung-tanggung Bupati Drs H.Budiman M.Pd memerintahkan kepada Direktur untuk menyampaikan ke Kementerian agar Audance dan Eksposes tanggal 26/6/2023 di Direktorat Air Tanah dan Air Baku di Dirjen SDA Kementerian PUPR Jakarta dipimpin langsung oleh Bupati.

"Ini hal serius dan kita harus fokus mengingat hal ini adalah masalah strategis yaitu layanan air bersih penanganannya negara dan pemerintah harus hadir dan serius atas masalah ini," kata Bupati selaku KPM Perumdam Waemami yang disampaikan oleh Direktur A.Maryam MNP, SE.,M.Ak melalui Sekretaris Perumdam Waemami Soenandar Latief.

DItambahkan Sekretaris Perumdam Waemami, bahwa ada beberapa pejabat Pemkab Luwu Timur yang ikut mendampingi Bupati selain Direktur Perumdam Waemami, juga hadir Kepala Dinas PUPR, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR dalam kunjungan Audance dan eksposes di Kementerian PUPR Jakarta. (rls/ikh)

  • Bagikan