Datu Luwu, BKM, dan Arus Viktor Terima Penghargaan Tokoh Pemersatu WTL

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, AMASSANGAN--Buhari Kahar Maudzakkar (BKM) seaku Ketua Umum KKLR periode 2010-2021, Dr. Andi Arus Viktor (Ketua Umum KKTL periode 2010-2021), bersama Datu Luwu Andi Maradang Mackulau, menerima penghargaan sebagai tokoh pemersatu wadah kerukunan keluarga Wija To Luwu (WTL) se Indonesia.

Penghargaan diserahkan kepada masing-masing yang bersangkutan oleh Ketua Umum KKLR H. Arsyad Kasmar pada acara Sitammu Rupa yang berlangsung di halaman Istana Datu Luwu, Sabtu, 1 Juli 2023. Acara tersebut adalah rangkaian dari agenda Silatnas Wija To Luwu se Indonesia yg berlangsung pada 1-2 Juli 2023 di Palopo.

Khusus untuk Datu Luwu, pengharagaan diterima oleh Kerabat Kedatuan Luwu Andi Syaifuddin Kaddi Raja mewakili YM Datu Luwu.

Atas penghargaan yang diterima sebagai salah satu tokoh pemersatu wadah kerukunan keluarga WTL se Indonesia, Buhari Kahar menyampaikan ucapan terima kasih.

"Atas penghargaan ini saya ucapkan terima kasih kepada BPP KKLR, bagi saya ini adalah sebuah wujud legacy, sebuah pengakuan bahwa apa yang kita putuskan bersama di Munas yang lalu itu dinilai sudah tepat", kata Buhari.

"Penyatuan wadah ini kiranya jangan hanya dimaknai dalam semangat persatuan semata, tetapi lebih dari itu dengan wadah tunggal paguyuban KKLR ini kita harapkan menjadi pilar utama yang akan mengantarkan Luwu Raya menjadi sebuah provinsi tersendiri", lanjut Buhari.

Seperti diketahui bahwa wadah paguyuban para Wija To Luwu di rantauan sebelumnya ada dua yaitu Kerukunan Keluarga Luwu Raya ( KKLR) yang berpusat di Makassar yang diketuai Buhari Kahar Muzakkar. KKLR ini memiliki organ pengurus Wilayah dan Cabang di sejumlah provinsi dan kabupaten di Indonesia.

Kemudian ada juga wadah Kerukunan Keluarga Tana Luwu (KKTL) yang berpusat di Jakarta diketuai Dr. Andi Arus Viktor, dan KKTL berafiliasi sebagai pilar utama KKSS di Jakarta.

Lewat Munas bersama KKLR dan KKTL pada th 2021 di Makassar, disepakati hanya ada satu wadah paguyuban induk bagi WTL yaitu KKLR yang berpusat di Jakarta, dan selanjutnya menyepakati H. Arsyad Kasmar sebagai Ketua Umum. (rls/kh)

  • Bagikan