“Dibutuhkan di Era Sekarang Menghadapi Tantangan ke Depan”

  • Bagikan

*Advokat Muda Beri Tanggapan Gagasan Toleransi Holistik

MAKASSAR --- Gagasan toleransi holistik terus menggaung. Tak hanya dari berbagai elemen masyarakat di Kota Palopo dan Luwu Raya, gaungnya sudah sampai ke tokoh-tokoh di ibu kota dan Kota Makassar.

Mereka memberi tanggapan. Beragam. Namun, tanggapan yang muncul atas gagasan toleransi holistik yang digaungkan Ir Irbar Pairing Senobua', MT banyak-banyak yang pro dan sepakat bila toleransi holistik menjadi sebuah ikon dan gagasan dalam meraih simpati masyarakat.

Salah satu tanggapan datang dari advokat muda yang eksis di Makassar. Dia adalah Yoel Bello, SH, MH. "Ini merupakan gagasan yang sangat dibutuhkan di era saat ini dalam menghadapi tantangan ke depan," tandas pengacara muda ini.

Menurut dia, gagasan toleransi holistik harus diterapkan di zaman sekarang, baik di tengah-tengah masyarakat dan pemerintahan. "Pemimpin atau tokoh yang menggaungkan gagasan toleransi holistik harus kita berikan support dan dukungan penuh untuk meraih kejayaan di masa depan," imbuh Yoel Bello, kepada Palopo Pos, Rabu 5 Juli 2023.

Kata dia, gagasan toleransi holistik menjadi solusi yang kita butuhkan saat ini. Toleransi holistik tekait erat dengan menjaga kebersamaan dalam masyarakat yang berdasarkan pada nilai-nilai kebangsaan Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, UUD 45, Pancasila dan NKRI, untuk meraih kejayaan di masa depan sesuai dengan kebiasaan yang hidup dalam masyarakat.

Oleh sebab itu, lanjutnya, toleransi holistik sangat dibutuhkan dan perlu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal senada juga dikemukakan Achil, salah seorang pemuda dari Toraja. "Toleransi holistik sangat relevan dalam kehidupan masyarakat. Di pemerintahan, juga bisa diterapkan dalam mengambil kebijakan," tandasnya.

Untuk diketahui, ide toleransi holistik pertama kali digaungkan Irbar Pairing untuk pilwalkot Palopo 2024.

Irbar sendiri sudah menyosialisasikan ide dan gagasannya tersebut. Baik dalam bentuk gambar, stiker, lebih-lebih ketika sosialisasi di masyarakat.(ary)

  • Bagikan