Hadapi El Nino, Menteri Pertanian Instruksikan Pemerintah Daerah Siapkan Lumbung Pangan

  • Bagikan
Mentan Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri pesta panen. --kementan dok--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Langkah taktis dilakukan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Yakni, memberikan instruksi kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan lumbung pangan di daerah masing-masing. Langkah itu dimaksudkan untuk mengantisipasi dampak El Nino.

”Lumbung dibutuhkan bagi kita dalam menghadapi El Nino. Setiap daerah harus memiliki stok yang banyak. Bila buffer stock tidak kuat, El Nino bisa sangat berbahaya,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan arahan di forum diskusi Meskipun El Nino, Bisa Panen, secara daring di Jakarta.

Dikutip dari JAWAPOS (Grup PALOPOPOS) Rabu, 5 Juli 2023 Menteri Pertanian meminta pemerintah daerah sungguh-sungguh dalam menghadapi El Nino. Dapat berdampak sangat bahaya bagi pasokan pangan masyarakat apabila tidak dihadapi dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, Mentan Syahrul meminta setiap daerah menyiapkan lahan percontohan untuk menghadapi El Nino. Lahan percontohan seluas 1.000 hektare di setiap daerah dibutuhkan untuk menjadi penggerak peningkatan produksi daerah tersebut.

”Biar petani dan warga bisa melihatnya sebagai contoh, seperti pengelolaan air atau pemanfaatan pupuk organik. Dengan lahan tersebut, masyarakat bisa meningkatkan hasil produksi sebagai komoditas pangan,” imbuh Syahrul.

Syahrul juga mengingatkan pemda untuk mengidentifikasi dan memetakan lokasi terdampak kekeringan serta mengelompokkan daerah merah, kuning, dan hijau. Selanjutnya mempercepat masa tanam untuk mengejar sisa hujan.

Mentan juga mengingatkan pemda untuk selalu meningkatkan ketersediaan alsintan untuk mempercepat masa tanam, menyediakan benih yang lebih tahan kekeringan dan organisme pengganggu tumbuhan, serta pengembangan pusat pupuk organik dan mandiri di setiap daerah. (jp/pp/uce)

  • Bagikan