Penuh Santun dan CeriaAnsir Ismu Sapa Warga di Wara dan Wara Utara

  • Bagikan
Ansir Ismu ketika menyapa pedagang kaki lima di salah satu dapilnya baru-baru ini. IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Ansir Ismu, SE, MH dikenal sosok yang low profile. Namun, di balik kesederhanaannya itu, ia figur tegas dan selalu tampil ceria dan santun.

Setelah pilih mundur dari Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah 31 tahun pengabdian di birokrat, Ansir Ismu yang pernah meraih predikat sebagai camat teladan se Sulsel di bidang kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup mencoba peruntungan di pemilihan legislatif (pileg) 2024. Ia maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Kota Palopo dari Partai Demokrat.
Namanya sudah masuk di KPU Kota Palopo sebagai bacaleg Partai Demokrat di daerah pemilihan (dapil) I meliputi Kecamatan Wara dan Wara Utara.

Kini, terus gencar melakukan sosialisasi. "Door to door". Menyapa masyarakat di daerah pemilihan. Mulai dari masyarakat pedagang di Pusat Niaga Palopo, pengojek, pedagang kaki lima, dan komunitas anak muda.
Saat melihat warga duduk-duduk santai, Ansir yang memang dikenal merakyat turun dari kendaraan dan menyapanya. "Dari dulu sampai sekarang Opu Ansir memang begitu. Tidak berubah sampai sekarang," ucap pedagang di Pusat Niaga Palopo.

Tak hanya itu, Ansir malam hari juga mengunjungi masyarakat yang sedang makan di warung makan di pinggir jalan. Tanpa sungkan-sungkan, ia makan bersama sambil mengobrol. "Semoga Opu Ansir bisa duduk di DPRD Kota Palopo. Amin!" ujar masyarakat mendoakan.

Berbekal modal pengalaman di birokrat, Ansir Ismu jika diberi amanah duduk di parlemen tidak sulit lagi untuk beradaptasi mengenai tugas kedewanan. Ilmunya sudah ada. Tinggal caranya nanti. Pintu masuk. "Pengalaman bermitra dengan DPRD sewaktu aktif di birokrat modal utama saya," tandas Ansir Ismu saat ngopi bareng di warung kopi Kata Coffee, Senin 10 Juli 2023.

Ansir pernah menjabat sebagai Kabag Humas Pemkot Palopo, kemudian pernah kepala dinas dan jabatan lainnya. Kemudian pindah tugas ke Pemkab Luwu. "Tidak sulit untuk memperjuangkan aspirasi. Yang penting pola komunikasi harus terus dibangun dengan mitra kerja. Kalau di DPRD mitra kerjanya adalah eksekutif," paparnya.

Bagaimana peluang? "Insya Allah. Kalau masyarakat memberi dukungan dan kepercayaannya, tidak ada yang sulit," ucap Ansir lagi dengan penuh santun dan ceria.
Bicara soal pemerintahan, Ansir sudah cukup memahami ilmunya. Bagaimana mendorong peningkatan PAD Kota Palopo, ia juga paham soal itu. "Makanya DPRD nanti harus bisa mendorong ke arah itu. Melalui OPD-OPD," ucap dia.

Menurutnya, Kota Palopo dibangun dari sektor jasa dan perdagangan. Salah satu yang perlu didorong adalah OPD dinas pariwisata. Sektor pariwisata harus didorong untuk maju. "Salah satunya adalah menggandeng masuk PHRI," ujar Ansir. (ary)

  • Bagikan