Wabup Torut Buka Kegiatan Monev Pembangunan Triwulan ll dan Launching BANUA SIPD

  • Bagikan

Wabup Torut Frederick Victor Palimbong saat membuka Kegiatan Monev Pembangunan Triwulan ll dan launching BANUA SIPD Toraja Utara, Rabu, 12 Juli 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO- Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) melaksanakan rapat Monitoring dan Evaluasi untuk kegiatan Pembangunan Triwulan II & Launching BANUA SIPD TORUT yang dilangsungkan di Perkantoran Marante, Kantor Bupati Toraja, Rabu, 12 Juli 2023 berlangsung dengan khidmat.

Kegiatan tersebut dibuka dan dilaunching secara resmi oleh Wakil Bupati Toraja, Frederik V. Palimbong, ST.

Membuka kegiatan Monev dan Launching, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V. Palimbong, ST menyampaikan kegiatan Monev adalah sebuah kegiatan mendasar yang harus kita monitor dan pencapaian progress target Pemerintah Daerah dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

"Pointnya adalah kita saling menghargai tupoksi masing-masing,karena kita adalah satu kesatuan sebuah keluarga dalam Pemerintah Daerah .Dan bersyukur, kita sudah masuk ke triwulan III dan kita akan melihat capaian kita dalam satu semester terakhir, dan melihat ruang akselerasi dalam keterbatasan kita.", Ungkap Wabup Torut ini.

Selain itu Wabup Torut juga katakan Langkah kongkrit untuk percepatan penyerapan anggaran harus sesuai prosedur yang ada, dan memperhatikan jadwal laporan yang telah di tetapkan dan diminta untuk Kepala Bappelitbangda memberikan laporan rutin bagi satuan kerja yang masih sering mengabaikan kewajiban pelaporan.

"Bagi OPD yang menunjukkan kinerja dan laporan tepat waktu, dalam kesempatan ini disampaikan kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya", ungkap Frederik V. Palimbong.

Mengawali kegiatan, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Toraja Utara, Yohanis Rerung Sau, SP., M. Si mengatakan "BANUA SIPD TORUT merupakan akronim dari PemBinAan PeNggUnAan SIPD Kabupaten Toraja Utara.

“Banua” dalam bahasa Toraja berarti rumah atau ruang, sehingga BANUA SIPD TORUT juga dapat berarti rumah/ruang. Ataupun wadah untuk melakukan pembinaan penggunaan Sistim Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Kepada Perangkat Daerah (PD) lingkup Kabupaten Toraja Utara", Jelas Yohanis Rerung Sau.

Dia juga berharap agar melalui pembinaan yang dilakukan secara offline maupun online (melalui WA Grup, email, zoom meeting) dapat meningkatkan keterampilan dan wawasan SDM perencana pada masing-masing PD dalam penggunaan SIPD secara baik dan benar sehingga program dan kegiatan pembangunan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dapat berjalan dengan lancar.

"Latar belakang sehubungan dengan BANUA SIPD TORUT mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), manfaat adanya BANUA SIPD TORUT bagi Pemerintah Daerah dan Perangkat Daerah (PD) adalah memberikan kemudahan bagi perangkat daerah dalam memperoleh layanan konsultasi dan kordinasi dari Bapelitbangda, Efisiensi penggunaan anggaran konsultasi dan kordinasi Kinerja Bapelitbangda lebih meningkat" jelas Kepala Bapelitbangda Kabupaten Toraja Utara, Yohanis Rerung Sau.

Diketahui kegiatan rapat Monitoring & Evaluasi kegiatan Pembangunan Triwulan II dirangkaikan Launching Implementasi Aksi Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) untuk angkatan II Tahun 2023 yaitu Launching BANUA SIPD (Sistim Informasi Pemerintah Daerah) .

Dalam kehidupan tersebut dilaksanakan Launching PAKAN KANDA (Pusat Aduan Kantrantibmas dan Penegakan Perda) Oleh FRANS SULO, S.Sos, launching RINDU (Laboratorium Penyusun Dokumen Perencanaan Pembangunan Berbasis Multilevel ASN) oleh MERCYANNE OKTAVIA, S.Kom

Launching SIDESTA (Sistem Informasi Destinasi Pariwisata) oleh YUSUF RATTE PATODING, S.Sos., M.Si dan launching KOPI LEMBANG (Koordinasi Pemerintahan Lembang Melalui Bantuan Ketahanan Pangan Berbasis Masyarakat yang Bersumber dari Dana Desa di Kecamatan Awan Rantekarua) oleh Oktavianus Datulinggi.

Dalam kesempatan itu,turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Salvius Pasang, SP., MP, Kepala KPPN Makale Susilo Tri Anggono, Para Kepala OPD Sekab Toraja Utara dan stakeholder terkait lainnya. (Albert tinus)

  • Bagikan