Golkar dan Nasdem Usung Caleg Kekuatan Merata

  • Bagikan
ILUSTRASI

Bersaing Memperebutkan Kursi Ketua DPRD

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Partai Golkar dan Nasdem Kota Palopo adalah dua partai politik (Parpol) yang sejauh ini menargetkan kemenangan dengan raihan kursi terbanyak melalui perhelatan pemilihan anggota legislatif (Pileg) pada Pemilu mendatang di Kota Palopo. Tidak main-main, dua Parpol ini menargetkan sembilan kursi dari 25 kursi di DPRD Kota Palopo.

Target perolehan kursi ini tentunya mengalami peningkatan pada Pileg 2019 untuk DPRD Kota Palopo yang mencakup tiga daerah pemilihan (Dapil). Dimana partai Golkar masih menguasai dengan raihan lima kursi dan Nasdem tiga kursi.
Adapun komposisi Bakal Caleg (Bacaleg) kedua Parpol ini bisa dikatakan mengusung figur dengan kekuatan merata di setiap Dapil dari empat Dapil pada Pemilu 2024 mendatang.

Di Partai Golkar untuk Dapil 1 meliputi, Kecamata Wara dan Wara Utara dengan kuota 7 kursi, ada nama seperti, Awaluddin Saruman, Anita Octaviana A. Leluasa, Kamria, Steven Hamdani (Petahana), Zubir Surasman (Petahana) dan Syamsul Bahri.

Dapil 2, meliputi, Kecamatan Wara Timur dan Wara Selatan dengan kuota 8 kursi yakni, Harisal A Latif (Petahana), Irfan Nawir, Hj Idaria, Hj Nurlina, Suparni Sampetan, Hasyuni Tahir, Muhammad Yusuf, Safrillah.
Dapil 3 meliputi, Kecamatan Wara Barat, Mungkajang, Sendana dengan kuota 4 kursi yakni, Darsan Dappi, Elizabet Rosminingsih, Alimuddin Nur, Muhammad Nasir.
Kemudian Dapil 4, meliputi, Kecamatan Bara, Telluwanua dengan kuota 6 kursi ada nama seperti, Afdal Hamka, Calvina Veronika, Sadam, Rahman Sonda, Gusma, Awaluddin Saing.

Sementara, di Partai Nasdem di perkuat calon seperti Cristin Lupita Lestari (Petahana), Aldy Aldrial Somalinggi, Nurling dan lain-lain. Dapil 2, nama seperti, Iznada Hikma, Umar, Rismawati, Mukhtar.
Dapil 3 yakni, Abdul Salam (Petahana), Darwis, Mustamar, Yanti Anwar. Dapil 4, juga diperkuat nama seperti, Arsianto Sarapang, Khairil Natsir dan lakn-lain.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Palopo, Abdul Salam mengatakan bahwa Partai Nasdem memasang target menjadi pemenang di Pemilu. Menurutnya, Partai Nasdem menargetkan perolehan sembilan kursi. Dimana setiap Dapil wajib memperoleh jatah kursi. "Minimal 2-3 kursi setiap Dapil. Itu target kami. Nasdem memiliki ambisi besar dengan menduduki kursi sebagai ketua DPRD," kata Wakil Ketua DPRD Palopo ini, Minggu, 16 Juli 2023.

Sekretaris Partai Golkar, Taufan mengatakan bahwa komposisi Bacaleg yang diusung Partai Golkar mereka yang terbilang potensial. Dengan target 9 kursi di perhelatan Pileg mendatang bisa terwujud dengan melihat komposisi calon yang ada.

"Calon usungan Partai Golkar telah melalui proses pertimbangan dengan melihat kekuatan dari berbagai aspek. Sehingga, kami optimis peluang mempertahankan posisis sebagai pemenang sebagaimana pada Pemilu 2019 tetap terbuka," katanya.(rul/idr)

  • Bagikan