Empat Fraksi Usul Andi Iksan Bassaleng

  • Bagikan

Pj Wali Kota, Ada Nama Bahri Suli hingga Iqbal Suhaeb

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Empat dari Lima Fraksi DPRD Kota Palopo telah memastikan nama-nama calon Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo.

Kepala Biro Umum Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sulsel, Andi Ihsan Bassaleng mendapat usulan dari Empat Fraksi yakni, Nasdem, Gerindra, Demokrat dan PDI Perjuangan. Sementara, Fraksi Golkar masih merahasiakan nama yang akan ia usulkan.

Selain itu, Sekretarsi Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Timur, Bahri Suli mendapat usulan dari Fraksi Gerindra, Nasdem dan Demokrat. Kemudian, Sekretaris Kota Palopo, Firmanza mendapat usulan dari Fraksi Nasdem dan Demokrat.

Kemudian, nama lainnya seperti, Dosen IPTDN, Hamzah Jalante, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Pemrov Sulsel, Iqbal Suhaeb dan Kepala Badan Penanaman Modal dan PTSP Pemrov Sulsel, Asrul Sani diusul dari Fraksi PDI Perjuangan.

Ketua Fraksi Demokrat, Cendrana Saputra mengatakan bahwa usulan dari Fraksi Demokrat didasarkan kepada nama calon yang memahami kondisi Kota Palopo. "Kita harapkan Mendagri bisa mengambil pertimbangan terhadap calon Pj yang sudah paham situasi Kota Palopo," katanya, di ruang kerjanya, Rabu kemarin.

Wakil ketua 1 DPRD Palopo, Abdul Salam mengatakan bahwa pengusulan nama-nama calon Pj ini akan diserahkan ke Kemendagri paling lambat 9 Agustus 2023.

"Pimpinan DPRD akan mengusulkan maksimal tiga nama calon ke Kemendagri yang didasarkan usulan dari tiap Fraksi," katanya.

Ia menambahkan, bahwa DPRD secara kelembagaan hanya sebatas mengusulkan tiga nama calon dengan melihat syarat secara administrasi berdasarkan Permendagri.
"Keputusan siapa yang menjadi Pj tentu di tangan Mendagri. Kapasitas kami hanya sebatas mengusul," terang legislator Nasdem ini.(rul/idr)

Nama Calon Pj Wali Kota

  • Andi Ihsan Bassaleng
    (Diusul Fraksi Nasdem, PDIP, Gerindra, Demokrat)
  • Bahri Suli
    (Diusul Fraksi Nasdem, Gerindra, Demokrat)
  • Firmanza DP
    (Diusul Fraksi Nasdem, Demokrat)
  • Iqbal Suhaeb dan Asrul Sani
    (Diusul Fraksi PDIP)
  • Hamzah Jalante
    (Diusul Fraksi Gerindra)
  • Bagikan