Lagi, Satu Warga Toraja Tewas jadi Korban Pembacokan di Papua

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID YAHUKIMO — Kabar sedih warga Toraja. Satu lagi warga sipil asal Toraja Utara, Sulawesi Selatan menjadi korban pembacokan hingga meninggal dunia di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua.


Korban bernama Matius Panggorapan (46) berasal dari Minang, Lembang (Desa) Sa’dan Ballo Pasange, Kecamatan Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara, tewas dibacok orang tak dikenal (OTK), Jalan Statistik , Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Rabu, 2 Agustus 2023 siang.


Pembacokan dilakukan sekitar pukul 11.30 WIT saat korban hendak membuka kios di Jalan Statistik, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.


Matius Panggorapan warga asal Toraja keempat yang menjadi korban pembunuhan di Kabupaten Yahukimo, Papua, dalam empat bulan terakhir.


Sebelumnya ada Almarhum Viktor Hadi Sampa, Yonatan Arruan, dan Asri Obed yang juga dibunuh OTK di Dekai, Yahukimo.


Jenazah Matius Panggorapan ditemukan bersimpah darah akibat pembacokan yang dilakukan oleh orang tak dikenal dan mengakibatkan korban luka bacok di bagian perut hingga ususnya terburai.


“Sudah berapa hari ini kacau. Matius yang ada dalam rumah bersama dengan ponakan dilarang oleh keluarga buka kios. Tapi saat dalam keadaan kios tertutup ada seseorang yang datang ketuk pintu, ahirnya korban membukakan pintu dan langsung dibacok beberapa kali,” ungkap salah satu keluarga Matius.


Jasad Matius kemudian dievakuasi ke RUSD Dekai. Sementara pihak kepolisian sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).


Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi Papua, Edy Rantetasak, Rabu, 2 Agustus 2023 malam, mengaku sangat bersedih dan prihatin atas peristiwa tersebut. Edy merasa terpukul karena dalam waktu beberapa bulan saja sudah empat orang warga yang dibunuh di Yahukimo.


Edy Rantetasak menyatakan jenazah almarhum Matius Panggorapan akan dipulangkan ke kampung halaman di Sa’dan, Toraja Utara.


“Besok rencana jenazah dari Dekai, Yahukimo ke Bandara Sentani Papua, sore. Karena tidak ada pesawat malam, sehingga jenazah akan disemayamkan selama satu malam di Tongkonan Jayapura,” kata Edy.
“Kita mulai ibadah penghiburan jam 5 sore. Dan dilanjutkan dengan Ma’badong,” kata Edy lebih lanjut.
Menurut Edy, jenazah Matius Panggorapan akan diterbangkan dari Jayapuran ke Makassar dan selanjutnya ke Toraja pada Jumat pagi. (int)

  • Bagikan