Paripurna Deadlock, DPRD Sulsel tak Usul Pj Gubernur, Hanya Jawab Surat Mendagri

  • Bagikan

Dengan Melampirkan Nama Dr Bahtiar, Jufri Rahman, Prof Aswanto, dan Bro Rivai

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--
Sidang paripurna DPRD Sulsel dengan agenda penetapan nama Calon Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Selasa, 8 Agustus 2023 malam, deadlock.

DPRD Sulsel gagal menetapkan tiga nama Pj Gubernur untuk diusulkan ke Mendagri, karena hingga pukul 02.00 Wita, Rabu dini hari, sidang paripurna tidak quorum

Pimpinan DPRD memutuskan untuk tidak mengusulkan nama Pj Gubernur. DPRD hanya menjawab surat ke Mendagri, dilengkapi berita acara paripurna DPRD tidak quorum. Dan melampirkan empat nama hasil pembahasan fraksi-fraksi DPRD Sulsel.

Keempat nama tersebut yakni Dr Drs Bahtiar MSi (putra Bone, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri), Jufri Rahman (putra Makassar, Staf Ahli Bidang Pemerintah dan Otoda Kemenpan RB), Prof Aswanto (putra Tana Luwu, akademisi Unhas), dan Laksamana Pertama (Laksma) TNI AL Abdul Rivai Ras (putra Bone).

Hal tersebut diungkapkan anggota DPRD Sulsel, Dr H Husmaruddin SE MM kepada Palopo Pos, Rabu, 9 Agustus 2023 pagi.

Menurutnya, pengusulan sembilan fraksi di DPRD SulSel dan Rapat Pimpinan (Rapim) beberapa kali yang hanya bisa menghasilkan empat nama. Tidak mampu menjadikan tiga nama sesuai Tata Tertib (Tatib) DPRD Sulsel, sehingga harus dibawa ke paripurna tapi tidak Korum

Namun demikian, dengan pertimbangan geo politik dan muatan lokal, sangat diharapkan DPRD, semoga salah satu diantaranya ditunjuk menjadi Pj Gubernur Sulsel.

''Saya merasa bersyukur dan berterima kasih ke pimpinan DPRD, pimpinan fraksi, dan anggota DPRD mempertimbangkan geo politik Bone, Luwu, dan Gowa/Makassar dalam pertimbangan Pj Gubernur demi kebersamaan dan sinergitas ke depan,'' terang HMD. (ikh)

  • Bagikan