Hadapi Beauty Anxiety, Ini Kuncinya Menurut Dokter

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Penggagas klinik kecantikan NMW Clinic sekaligus praktisi estetika dokter Natalia Wardani membeberkan kunci dalam menghadapi beauty anxiety.

Sekadar diketahui, beauty anxiety merupakan hal yang berhubungan dengan penampilan fisik. Biasanya timbul karena beberapa hal seperti pengalaman trauma masa kecil, diledek atau diejek oleh teman sebaya, sehingga seseorang dapat mengalami body dissatisfaction.

Hal tersebut blak-blakan diungkapkan dokter cantik yang karib disapa dr. Nat itu saat hadir pada Ajang Kiprah 25 Tahun MNW Clinic.

Mengingat, di dunia yang serba cepat saat ini, pengejaran kecantikan dan penampilan fisik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang, terutama bagi perempuan.

“Betapa pentingnya positivitas dan perawatan kulit yang komprehensif dalam memupuk rasa percaya diri dan pola pikir yang sehat dalam lingkungan profesional maupun sosial," ujar dr. Nat, Kamis (10/8/2023).

Tambahnya, saat ini banyak pasien yang mencari bantuannya datang merasa cemas atau bahkan takut terkait penampilan fisik mereka.

Bahkan, kata dia, sebagian besar yang datang dengan anxiety merupakan perempuan muda. Mereka merasa khawatir bahwa kekurangan atau ketidaksempurnaan tubuh atau wajah dapat menghambat kemampuan mereka menapaki jenjang karir.

dr. Nat tidak menapik bahwa dunia modern menempatkan penekanan besar pada penampilan, seringkali menyebabkan individu mengalami apa yang disebut "beauty anxiety."

Fenomena tersebut umum terjadi di kalangan remaja yang takut ditolak oleh lingkungan sosial karena penampilan fisik mereka, sehingga menyebabkan kurangnya penerimaan diri.

dr. Nat percaya, mengatasi kekhawatiran dan tantangan ini sangat penting untuk membentuk citra diri yang positif dan pandangan mental yang kuat.

Sementara perawatan komprehensif yaitu upaya melakukan perawatan tubuh, terutama wajah dapat dilakukan dengan bantuan profesional dari praktisi estetika atau dokter kecantikan yang baik dan berpengalaman di klinik-klinik kecantikan mampu memberikan perawatan dan solusi estetika yang diinginkan.

Pandangan dr. Nat didukung psikolog terkemuka yang mendukung klaimnya bahwa mempertahankan pandangan diri yang positif sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan mental seperti kecemasan.

Psikolog Universitas Indonesia, Dian Wisnuwardhani, mengatakan, Beauty Anxiety atau beragam mental health issue lainnya yang berhubungan dengan penampilan fisik biasanya timbul karena beberapa hal.

"Seperti pengalaman trauma masa kecil, seperti diledek atau diejek oleh teman sebaya, sehingga seseorang dapat mengalami body dissatisfaction atau bahkan ‘terjebak’ dengan body image yang ada di lingkungan sekitar dan keterpaparan tentang beauty image dari media sosial. Dalam sejumlah kasus, hal ini terjadi pada perempuan muda yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia dimana physical attractiveness dianggap hanya datang dari penampilan fisik. Nah, seperti dalam layanan estetika, ini juga perlu edukasi," terangnya, seperti dilansir fajar.co.id (Group PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID).

Lebih jauh Dian memaparkan, pada tahap awal bisa mencoba untuk menumbuhkan positive affirmation dan gratitude atau bersyukur atas apa yang dimiliki pada diri seseorang sehingga dapat memiliki nilai-nilai positif.

"Bisa menerima kondisi dirinya atau self acceptance, sehingga menjadi seseorang yang memiliki self confidence. Bila positivitas sudah dimiliki oleh seseorang, maka dengan mendapatkan perawatan estetika yang komprehensif, dirinya dapat memaksimalkan penampilannya dengan baik dan proporsional sesuai dengan kepribadiannya dan menjadikan dirinya nyaman sekaligus menghargai makna beauty yang seutuhnya," tukasnya.

Sementara itu, penyanyi dan aktris kenamaan, Dewi Gita, yang juga hadir dalam diskusi tersebut menuturkan kesamaan sudut pandangnya.

Menurut dia, penting sekali untuk membangun kesadaran bersama dan memberdayakan individu agar merangkul jati diri mereka yang otentik, bebas dari tekanan standar kecantikan masyarakat.

Dewi percaya, mewujudkan hubungan antara pandangan diri yang positif, perawatan kulit yang komprehensif, dan peningkatan kesehatan mental dapat membangun sinergi diri yang sangat bermanfaat dalam kehidupan karir dan pergaulan.

“Dulu saya sempat mengalami semacam beauty anxiety, khususnya setelah melahirkan dan membesarkan anak di usia awalnya," kata dia.

lanjut Dewi, positivitas diri bisa membuat seseorang mengubah pandangan diri menjadi lebih baik. Kuncinya bersyukur dan merawat kecantikan yang dimiliki.

"Setelah mendengarkan masukan dari sahabat-sahabat, saya mulai melakukan perawatan estetika di klinik, ini membuat saya dapat tampil lebih penuh percaya diri dan nyaman. Sejak tahun 2013 saya sudah mendapatkan layanan estetika dari dr. Nat dan NMW Clinic,” tutup Dewi Gita. (fjr/pp)

  • Bagikan