Ssst, Ketahui 8 Tanda Anda Belum Sepenuhnya Move On Usai Putus Cinta

  • Bagikan
Ilustrasi Putus Cinta. (freepik)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Putus cinta adalah proses di mana hubungan romantis antara dua orang berakhir, baik secara sepihak maupun persetujuan antara kedua belah pihak.

Beragam penyebab putus cinta. Termasuk perbedaan nilai, ketidakcocokan, komunikasi yang buruk, perselisihan tak teratasi, atau perubahan dalam kehidupan individu yang membuat hubungan tidak lagi berfungsi.

Mengalami putus cinta bisa sangat sulit untuk dihadapi karena melibatkan perasaan kehilangan, kesedihan, kekecewaan, dan bahkan rasa hampa. Proses ini juga seringkali melibatkan perubahan besar dalam kehidupan sehari-hari, seperti kehilangan sosial, perubahan rutinitas, dan penyesuaian dengan kehidupan tanpa pasangan.

Dengan begitu, penting untuk mengenali tanda-tanda bahwa Anda telah move on dari putus cinta atau belum. Pasalnya, hal ini dapat membantu Anda untuk memahami di mana Anda berada secara emosional dan bagaimana Anda dapat melanjutkan hidup dengan lebih baik.

Dilansir dari Relationship Hero pada Senin, 4 Maret 2024, berikut merupakan 8 tanda yang menunjukkan bahwa Anda belum move on usai putus cinta.

  1. Anda Selalu Memeriksa Media Sosial Mereka

Ini berarti bahwa meskipun hubungan sudah berakhir, Anda masih terobsesi dengan aktivitas dan kehidupan mantan Anda melalui media sosial. Anda terus memeriksa profil mereka untuk melihat apa yang mereka lakukan, siapa yang mereka temui, dan apa yang mereka posting.

Ini menunjukkan bahwa Anda masih terikat emosional dengan hubungan tersebut dan sulit untuk menerima bahwa itu sudah berakhir. Perilaku ini dapat menghambat proses penyembuhan dan membuat Anda sulit untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam hidup Anda.

  1. Anda Belum Berdamai dengan Berakhirnya Hubungan

Jika Anda masih sering memikirkan alasan mengapa hubungan berakhir, sulit tidur karena terus berpikir, dan merasa bahwa semuanya tidak masuk akal, itu menunjukkan bahwa Anda belum benar-benar menerima bahwa hubungan Anda telah berakhir.

Memahami mengapa hubungan berakhir adalah langkah penting untuk bisa melanjutkan hidup dengan lebih baik. Meskipun Anda mungkin tidak mendapatkan semua jawabannya, penting untuk menerima kenyataan bahwa hubungan sudah berakhir, sehingga Anda bisa melanjutkan hidup dengan lebih tenang.

  1. Masih Menyimpan Kenang-kenangan

Apakah Anda masih memiliki foto-foto bersama mantan Anda dalam album? Atau mungkin ada pesan-pesan lama seperti surat cinta, atau hadiah dari mereka yang masih Anda simpan? Apakah Anda masih sering menggunakan benda-benda pemberian mereka, seperti jaket atau barang lainnya?

Meskipun barang-barang tersebut mungkin terlihat sepele, namun hubungan emosional dan simbolis Anda dengannya bisa sangat kuat dan memungkinkan Anda masih terikat dengan hubungan lama Anda. Sehingga sulit untuk melanjutkan ke masa depan meskipun Anda ingin melakukannya.

  1. Suka Membandingkan Pasangan Baru dengan Mantan Pasangan Anda

Ketika Anda masih terus membandingkan orang baru atau pasangan baru dengan mantan mereka, itu menunjukkan bahwa Anda belum benar-benar melangkah maju dari hubungan sebelumnya.

Anda masih terpaku pada hal-hal kecil yang Anda sukai atau kagumi dari mantan pasangan, dan ketika Anda bertemu dengan pasangan baru, Anda secara tidak sadar menilai orang baru tersebut berdasarkan standar atau kriteria yang mereka tetapkan dari hubungan sebelumnya.

Ini bisa membuat sulit bagi Anda untuk benar-benar terbuka dan dapat menghambat kemajuan Anda dalam memulihkan diri dan memulai hubungan yang sehat.

  1. Anda Merasa Yakin untuk Dapat Bersatu Kembali dengan Mantan Pasangan

Anda masih berharap bahwa hubungan akan membaik, dan kelak Anda bisa bersatu kembali dengan mantan pasangan Anda. Beberapa data menunjukkan bahwa banyak pasangan yang kembali bersatu setelah putus.

Percaya bahwa Anda bisa kembali bersatu dengan mangan pasangan bukanlah suatu masalah. Tetapi, jika keyakinan itu menghalangi Anda untuk mencari peluang baru, hal itu yang akan menjadi masalah.

  1. Sering Memeriksa Keadaan Mantan Melalui Teman atau Keluarga

Jika Anda masih sering memmeriksa keadaan tentang mantan melalui teman atau keluarga dapat menandakan bahwa Anda masih belum bisa melupakan hubungan tersebut.

Jika Anda merasa punya hak untuk mengetahui detail kehidupan mereka, seperti siapa pacar baru mantan Anda, tempat yang sering mereka kunjungi, dan apa yang mereka lakukan saat ini, itu menandakan bahwa Anda masih terpaku pada mereka dan belum benar-benar menerima bahwa hubungan sudah berakhir.

  1. Selalu Merasa Ingin Menghubungi Mantan Pasangan

Salah satu tanda bahwa Anda belum sepenuhnya melupakan mantan adalah ketika Anda masih merasa ingin menghubungi atau mengirim pesan kepada mantan saat ada kabar penting atau berita besar dalam hidup Anda. Hal ini menunjukkan bahwa mereka masih terhubung secara emosional dengan mantan dan belum benar-benar melangkah maju dari hubungan tersebut.

  1. Anda Cenderung Menghindar untuk Menjalani Hubungan Baru

Tanda bahwa seseorang belum benar-benar pulih dari putus cinta adalah ketika mereka enggan untuk menjalin hubungan baru atau tetap merasa tertekan. Ini bisa menjadi indikasi bahwa mereka masih terjebak pada masalah dari hubungan sebelumnya dan belum sepenuhnya siap untuk melanjutkan ke tahap baru dengan menjalin hubungan dengan orang baru. (jp/pp)

  • Bagikan