Mengenal Caleg Gerindra Damayanti Batti S.IP MA, Punya Hoby Fotografi yang Ditekuni Sejak Kuliah

  • Bagikan
Damayanti Batti S.IP MA

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID RANTEPAO -- Siapa yang tidak kenal Damayanti Batti S.IP MA. Ia adalah bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI daerah pemilihan (Dapil) 3 Sulsel dari Partai Gerindra nomor urut 4. Ia adalah istri Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong (FVP) juga ketua Pokja Bunda PAUD Torut serta Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Torut. Ia ternyata punya hoby keren. Yakni, fotografi.

Ditemui saat bersamaan di acara Ma'nene di lingkungan Buntu Minanga (Datok) Kecamatan Buntu Pepasan, Torut, Kamis 10 Agustus 2023, Damayanti ternyata suka dengan fotografi. Kamera merek Canon 5D Mark II dengan lensa 17-40mm digenggamnya.

Naik turun bukit tempat ritual adat masyarakat Toraja Ma'nene tak jadi masalah. Dengan jeli dan teliti, ia abadikan setiap kegiatan Ma'nene dalam jepretan kameranya.

Ia mengaku sangat senang dengan fotografi. Lantaran dengan fotografi bisa melepaskan stres sekaligus berekspresi dan berkunjung ke tempat-tempat wisata, seperti saat ini dalam acara wisata budaya ritual adat Ma'nene, yang hanya diselenggarakan 3 atau lima tahun sekali.

Dunia fotografi baginya bukan hal baru. Ternyata, sejak kuliah di Universitas Parahyangan Bandung tahun 1993, ia bergabung dengan UKM Fotografi Unpar Bandung. Kamera pertamanya adalah canon yang kala itu masih menggunakan rol film.

"Sudah lama sekali saya kenal fotografi waktu masih zaman kuliah di Bandung. Saya bergabung dengan komunitas mahasiswa fotografi di sana. Baru lagi beberapa tahun ini kembali aktif motret, setelah agak luang waktunya. Kalau selama ini karena kesibukan jadi jarang pegang kamera. Kamera pertama saya itu Canon pakai rol. Masih jaya-jayanya kamera Kodak, Pentax, dan Fuji," ungkap Damayanti Batti.

Pada acara Ma'nene itu juga, Damayanti mengungkapkan jika momen Ma'nene ini sangat dinanti-nanti para fotografer dunia untuk bisa menyaksikan langsung. Karena Toraja itu terkenal dengan wisata alam dan budayanya. "Kita bersyukur kepada keluarga kita mau terbuka untuk disaksikan para wisatawan. Karena ini menjadi daya tarik utamanya bagi para fotografer. Mereka menunggu event ini. Doakan ke depannya kita buat event fotografi nasional dan internasional," ungkapnya.

Sebagai informasi kegiatan Masata Torut dalam peringatan HUT Kemerdekaan ini, kata Damayanti di antaranya mengadakan kompetisi "Toraja Coffee Festival" yang diikuti barista se-Sulsel dan luar Sulsel. Selain itu mereka akan diajak camping ground. "Pelaksanaannya itu 24 Agustus di Gedung Pemuda Rantepao. Nantinya pesertanya dari barista yang ikut ada dari Sulsel dan luar Sulsel kita ajak juga camping di kebun kopi Toarco Jaya punyanya Pak Yosep di Sesean. Panen kopi sama-sama, sharing tentang kopi. Tujuannya bagaimana kita kembalikan kejayaan dan brand nama Kopi Toraja," sebutnya. (idr)

  • Bagikan