Pendatang Baru Caleg Provinsi Ancam Petahana

  • Bagikan

Ada Ketua DPRD dan Ketua Parpol Daerah

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Daerah pemilihan Luwu Raya akan menjadi salah satu pusat pertarungan sengit para caleg. Selama 10 kali Pemilu, Partai Golkar selalu mendapatkan lebih dari satu kursi di DPRD Sulsel. Kali ini, Partai Golkar mendapatkan banyak penantang dari berbagai partai.

Ada beberapa partai yang melawan dominasi dari Golkar di Luwu Raya.
Salah satu penantang serius adalah pecahan dari Golkar sendiri yakni Partai Gerindra dan Partai Nasdem.
Gerindra menurunkan tiga caleg potensial yakni petahana Marjono, Arsyad Kasmar, dan Andi Tenri Karta.
Marjono sudah terbukti sebagai legislator dengan duduk menang dua kali di tanah Luwu.

Sementara itu, Marjono akan bersaing dengan mantan calon wakil bupati Luwu Utara, Arsyad Kasmar dan mantan ketua PKK Luwu Andi Tenri Karta.Sementara itu, Partai Nasdem masih menurunkan petahana, Rakhmat Kasjim dan Arham Basmin Mattayang. Rakhmat pernah datang sebagai penantang pada Pemilu 2019 lalu. Kini dia ditantang oleh Arham Basmin Mattayang.

Arham adalah mantan caleg Nasdem di dapil 1 Sulsel pada periode 2019 lalu.
Saat ini, putra bupati Luwu Basmin Mattayang ini akan menjadi penantang dari Rakhmat.
Sementara itu, Golkar sendiri kini ditinggalkan petahana dan caleg senior. Taqwa Muller kini tak lagi maccaleg.

Sementara itu, politisi senior Armin Mustamin Toputiri pun juga sudah tak maccaleg lagi.
Surahman Batara mengakui ikut bertarung di Partai Golkar dengan berbagai pertimbangan.

“Alasan saya sederhana saja, memperjuangkan rakyat dan melahirkan kesejahteraan masyarakat harus kita lakukan dari dalam (sistem)," kata Surahman Batara dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/5/2023)
"Selama ini kan kita telah berjuang lewat organisasi kepemudaan dan sosial, nah sekarang kita coba lewat jalur legislatif," tambah pria bergelar doktor ini.

Ia berharap, masyarakat kedepan bisa lebih jelih melihat calon wakil rakyatnya yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan banyak orang.

"Masyarakat harus pintar sekarang, jangan lagi mau dibodoh-bodohi oleh oknum caleg yang mengatasnamakan rakyat, kemudian memberi uang saat pemilihan dan pas terpilih kepentingan masyarakat sudah tidak dipenuhi," jelasnya.

Ketua Partai Islam Ikut Tarung
DUA ketua partai berbasis Islam maju maccaleg di Provinsi Sulawesi Selatan. Mereka ialah Rusli Sunali dan Hj Asni.

Rusli merupakan Ketua DPD Partai PPP. Sedangkan Asni nahkoda DPD Partai PAN. Keduanya diketahui akan bersaing di Dapil 11 Sulsel.

Dapil itu meliputi Kabupaten Luwu, Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur. Rusli diketahui ditunjuk langsung Ketua DPW Partai PPP Sulsel Imam Fauzan. Rusli didorong bersama dua ketua kabupaten lain. Dia adalah Ketua PPP Gowa Rafiuddin dan Ketua PPP Bantaeng Hamsyah Ahmad.

Selain menjabatan sabagi ketua partai, Rusli saat ini aktif menjadi legislator Luwu. Rusli sukses mengantarkan partai berlambang kabah itu memenangkan Pileg. Ia mematahkan dominasi Partai Golkar di Luwu. Rusli sudah tiga kali secara berturut-turut duduk di DPRD Luwu

Sementara Asni juga punya ambisi di provinsi. Asni merupakan istri dari Saifuddin Kasim. Saifuddin adalah putra kelahiran Belopa dan merupakan tokoh PNS yang cukup lama berkarir di Papua. Terakhir, Saifuddin Kasim bertugas di Dinas Perhubungan Provinsi Papua.

Saat ini, sambung Asni, dirinya sudah siap menghadapi pencalegan. Asni juga memiliki target memenangkan PAN di kontestasi Pemilu 2024 kelak.
Kata Asni, pihaknya mematok 6 kursi DPRD Luwu. "Kami dari PAN menargetkan 6 kursi DPRD. Untuk kedepan bisa mencalonkan kepala daerah," jelasnya, Senin (7/8/2023).

Selain menjadi legislator, Asni sebenarnya membidik bertarung di Pilkada juga. Ia masuk bursa calon Bupati Luwu bersama suaminya Saifuddin.
Asni mengaku masih menunggu survei elektabilitas antara dirinya dan sang suami.

"Tidaklah, kami tidak akan bertarung. Kami masih menunggu survei elektabilitas antara saya dan bapak. Kalau bapak didorong, berarti saya maju ke provinsi. Kalau bapak tidak bagus surveinya, maka sayalah yang didorong keluarga," katanya.

Asni menjadi salah satu calon bupati di Kabupaten berjuluk Bumi Sawerigading dari perempuan.
"Dan kalau survei saya dan bapak kecil, maka Wahyu Napeng yang akan PAN Luwu usung pada Pilkada nanti," katanya.

Selain itu ada juga figur petarung Ketua DPRD Palopo Dr HjNurhaeni dari Golkar yang siap merebut kursi ke DPRD Sulsel. Lalu, ada Baharman Supri, tokoh masyarakat Malangke. (idr)

Petahana DPRD Sulsel Dapil XI Luwu Raya

​1. Marthen Rantetondok (Golkar)

  1. Husmaruddin (PAN)
  2. A Syarifuddn P (PKS)
  3. Marjono (Gerindra)
  4. Rakhmat Kajim (Nasdem)
  5. Esra Lamban (PDIP
  6. Fadriaty AS (Demokrat)
  7. Jabbar Idris (PPP)
  8. Wahyuddin M Nur (Hanura)
  9. Irwan Hamid (PKB)
  10. Hatta Marakarma (Golkar)

Figur Petarung Baru

  • Arsyad Kasmar (Ketua BPP KKLR)
  • Andi Tenri Karta (Istri Andi Muzakkar)
  • Hj Asni (PAN Luwu)
  • Rusli Sunali (PPP Luwu/Ketua DPRD)
  • Arham Basmin Mattayang (Ketua Nasdem Luwu)
  • Dr Hj Nurhaeni (Ketua DPRD Palopo/ Golkar)
  • Baharman Supri (Golkar Palopo)
  • Bagikan