Sejumlah Warga Desa Puty Bua Kategori Miskin Ekstrem, Ketua PKK Luwu Langsung “Turun Tangan”

  • Bagikan
KETUA TP PKK Luwu, Dr Hj Hayarna Basmin mencanangkan program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kecamatan Bua tepatnya di Desa Puty, Jumat 11 Agustus 2023. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID KANDOA -- Ketua TP PKK Luwu, Dr Hj Hayarna Basmin mencanangkan Desa Puty, Kec. Bua, sebagai desa percontohan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Luwu.


Caranya? Dimana dua kelompok diberikan bantuan pembedayaan masyarakat berupa pembibitan ikan Lele senilai Rp100 juta. Dimana setiap kelompok mendapat bantuan Rp50 juta. Mulai dari kolam pembibitan, lalu bibit ikan, hingga panen nantinya.


Hayarna mengungkapkan, kenapa ini dilakukan? Karena pemerintah selain pemberian bantuan secara fisik, juga non-fisik, yang mana pengentasan kemiskinan ini masuk dalam 10 Program Unggulan PKK.
Untuk itu, TP PKK sebagai mitra pemerintah turut bertanggung jawab dalam menjalankan program pemerintah.


"Kalau di Desa Puty ini kita berikan bantuan pemberdayaan masyarakat pembibitan Ikan Lele untuk dua kelompok. Kita bantu pembuatan kolamnya, kita sediakan bibitnya, hingga panen. Kita juga sudah siapkan pendamping penyuluh perikanan," ungkap Hayarna.


Ia pun berharap kegiatan ini dapat terus berkesinambungan. Tadinya dimulaid ari 2 kolam nantinya berkembang menjadi 10 kolam. Yang estimasinya setiap kolam setiap panen akan menghasilkan Rp10 juta. Jika punya 10 kolam akan mendapat Rp100 juta.


Sementara itu, Kepala Bappeda Kab. Luwu, Mohammad Arsal menambahkan, paling lambat pekan depan anggaran sudah dicairkan dan langsung action.


Desa Puty terpilih percontohan lantaran dari usulan Kepala Desa Puty, Yahya Kibad ternyata masih ada warganya yang berada di garis miskin ekstrem. Namun jika dilihat dari kondisi di lapangan, hal tersebut kini jarang dijumpai. "Kita berdasarkan data yang masuk, kalau di Desa Puty masih ada warga miskin ekstrem. Makanya kita berikan bantuan pemberdayaan ini nilainya Rp100 juta. Untuk 2 kelompok, jadi masing-masing Rp50 juta," kata Arsal.


Kegiatan pencanangan ditutup dengan pembagian sembako oleh Ketua TP PKK Luwu kepada sejumlah "emak-emak" yang hadir. Paket sembako itu berisi beras 3 kg dan minyak goreng 2 liter.

Turut hadir pada kegiatan ini Kadis Perikanan Luwu, Kadis PMD Luwu, Camat Bua, Kapolsek Bua, warga Desa Puty. (idr)

  • Bagikan