Perayaan HUT RI “Meledak” di Suka Damai

  • Bagikan

CAMAT Waltim, Nanang, foto bersama dengan Kades Suka Damai, Sarlota Pandin, Bhabinkamtibmas Aiptu Yulianus, serta aparat desa dan warga usai devile, Sabtu, 11 Agustus 2023.--kahar iting---

Paling Megah, Ada 12 Lomba Diikuti Anak TK Hingga Lansia

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, WALMAS-- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 tahun 2023 di Desa Suka Damai, Kecamatan Walenrang, boleh dibilang "meledak".

Sebelum dibuka Camat Waltim, Nanang, terlebih dulu diawali dengan devile yang mana star dari Gerbang Baruga Desa Suka Damai sampai ke panggung utama diikuti ribuan peserta mulai anak TK hingga lansia, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Perayaan HUT RI di Walmas dan Kabupaten Luwu khususnya, belum ada yang semegah di desa yang dipimpin Sarlota Panding (Kades Suka Damai).

Antusias masyarakat Suka Damai pecah dan tumpah ruah mengikuti rangkaian pembukaan hari kemerdekaan itu.

HUT RI ke-78 di Desa Suka Damai dengan mengangkat tema "Junjung Tinggi Sportifitas" diisi 12 item perlombakan.

Yakni, lomba kebersihan antar dusun,
bola voly sarung, bola dangdut, sepak takraw, oper karet kategori Langsia, jujung (langsia), tarik tambang, lari kelereng, makan krupuk, ikat botol,
masukan paku dalam botol, lari karung, jalan sehat/Dorprase dan
devile.

Selama sepekan berlangsung terhitung mulai tanggal 12-18 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut terselenggara atas keinginan masyarakat dan diusulkan oleh Pemuda Karang Taruna kemudian disahkan Kades Suka Damai.

Sumber dananya dari swadaya masyarakat, keluarga perantauan dan separuh dari Desa.

Kades Suka Damai Sarlota Panding, kepada Palopo Pos, mengatakan, perayaan HUT Kemerdekaan ini baru kali pertama termegah di Suka Damai.

Masyarakat terlihat antusias mulai dari anak-anak hingga lansia.

Kegiatan tersebut juga terlaksana berkat Bhabinkamtibmas Aiptu Yulianus (Boby) serta Babhinsa Desa Suka Damai.

"Ini bukti bahwa mereka memiliki jiawa nasionalisme yang tinggi, itu terlihat ketika turut ambil bagian dalam mengisi hari kemerdekaan," kata Sarlota Panding.

Wanita yang dikenal sosial dan punya jiwa sosial yang tinggi itu, mengaku, kegiatan tersebut nantinya akan mendongkrak perekonomian di desa yang dipimpinnya.

"Lihat saja disekeliling lokasi perayaan, dipenuhi penjual yang menjual beraneka ragam makanan. Jadi HUT RI di Suka Damai juga memerdekakan para pelaku UKM," bebernya.

Hanya saja, dia mengaku, di desa yang dinahkodainya itu, masih banyak memiliki kekurangan, utamanya sarana lapangan.

"Kalau bisa ini menjadi perhatian Pemda Luwu," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana HUT Kemerdekaan Suka Damai, Crist Damai Kando, mengatakan, panitia telah menyiapkan hadiah bagi para pemenang.

"Sebenarnya, kita tidak melihat seberapa besar hadiahnya, tapi bagaimana memaknai HUT RI ke-78 tahun ini dengan penuh jiwa nasionalisme," tutup Crist.(kahar iting)

  • Bagikan