Nama Opu Daeng Risadju Diabadikan di Jalan Makassar, Ini Kata Basmin Mattayang

  • Bagikan
Pergantian nama Jalan Cendrawasih jadi Jalan Opu Daeng Risadju. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Nama Opu Daeng Risadju kini sudah resmi diabadikan namanya sebagai salah satu jalan di Makassar.

Peresmian ini sendiri dilakukan Wali Kota Makassar Danny Pomanto resmi mengabadikan nama Pahlawan Nasional asal Luwu ini.

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang yang sekaligus merupakan cucu langsung dari almarhum memuji Danny setinggi langit dan merasa berhutang.

“Mudah-mudahan apa yang adinda wali kota lakukan menjadi catatan buat kami masyarakat Luwu. Pada hari ini kami telah berutang kepada pak Danny Pomanto,” kata Basmin Mattayang dalam sambutannya, di peresmian pergantian nama Jalan Cenderawasih jadi Jalan Opu Daeng Risaju, Selasa, (22/8/2023).

“Besok akan datang tamu pak wali kota seantero bumi. Pak wali akan menjual tanah Luwu. Saya pribadi mewakili seluruh keluarga almarhum. Saya menyampaikan ucapan terima kasih sedalam-dalamnya dari lubuk hati yang paling dalam kepada wali kota,” tuturnya.

Dikatakan, Opu Daeng Risadju yang memiliki penglihatan yang tak sempurna alias mata satunya buta dan kepalanya juga cacat tak menjadi penghalang untuk berjuang.

Olehnya itu, dia langsung menugaskan Sharma Hadeyang, salah satu budayawan sekaligus kemanakannya untuk mengkaji biografi Opu Daeng Risaju.

“Alhamdulillah saya beserta tokoh masyarakat hanya memperjuangkan hanya 2 bulan keluar SK sebagai pahlawan nasional. Sejarah tidak akan abadi kalau tidak ditulis. Hari ini adinda wali kota Makassar melukiskan sebuah tulisan yang indah dalam hati masyarakat Luwu,” tandasnya.

Opu Daeng Risadju sempat ditahan oleh Belanda karena dianggap melakukan tindakan provolatif agar rakyat tidak lagi percaya kepada pemerintah. (fajar/PP)

  • Bagikan