Muchtar Pappi Tomakaka Peta, HM Yunus: Harus Menjadi Panutan di Tengah Masyarakat

  • Bagikan

PALOPO --- Keluarga besar katomakakan Peta mengadakan pertemuan akbar, Rabu 23 Agustus 2023. Pertemuan akbar ini dalam rangka mengangkat tomakaka pasca meninggalnya Saharuddin Dg Siama.

Dari pertemuan tersebut disepakati Muchtar Pappi sebagai Tomakaka selanjutnya.

Pertemuan yang dihadiri oleh berbagai unsur masyarakat, lembaga adat, tokoh agama serta pemerintah kecamatan setempat. Kecamaan Sendana dan Mungkajang.

Penetapan Muhtar Pappi ini dibacakan langsung oleh Saiful Leccengan (Anak Patolo). Pemerintah Kecamatan Sendana mendukung penuh pengangkatan saudara Muhtar Pappi sebagai Tomakaka selanjutnya karena disepakati oleh seluruh masyarakat peta dan ditetapkan oleh lembaga adat (Anak Patalo).


Camat Sendana Rombe berharap tomakaka yang terpilih bisa menjadi tokoh sentral di tengah-tengah masyarakat Peta dan bisa bersinergi dengan pemerintah. "Menjadi panutan,” ujar Rombe, Camat Sendana.

Pemerintah kecamatan Mungkajang dalam hal ini diwakili Sekcam, Ummiana, berharap Tomakaka yang dipilih benar-benar bisa menyatukan masyarakat Peta.

Salah satu tokoh masyarakat Peta yang berlatar belakang pengusaha di Jakarta  HM. Yunus SH, MH yang dihubungi Palopo Pos,  mengatakan mendukung penuh pengangkatan saudara Muhtar Pappi sebagai Tomakaka Peta. "Tomakaka Peta harus  menjadi panutan ditengah-tengah masyarakat peta," tandasnya.

HM Yunus pun menginstruksikan langsung kepada pihak keluarga untuk segera melaksanakan pengukuhan dan pelantikan Tomakaka Peta sesegera mungkin.

Salah satu rumpun keluarga besar Tomakaka Peta yang terpilih Muhtar Pappi dalam hal diwakili oleh saudara Ismul Pappi menyampaikan ucapan dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah dalam hal ini camat Sendana, camat Mungkajang, lurah peta, lembaga adat peta, tokoh-tokoh masyarakat. Terkhusus kepada bapak HM. Yunus SH, MH.

“Rumpun keluarga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan ayahanda HM. Yunus,” kata Ismul. (rls/ary)

  • Bagikan